Wisata

Empat cara menabung yang paling realistis untuk travelling

Senin, 06 Juli 2020 | 12:01 WIB   Reporter: Novianti Siswandini
Empat cara menabung yang paling realistis untuk travelling

ILUSTRASI. Petugas teller melayani nasabah generasi milenial yang sedang menabung di Bank Muamalat Jakarta./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/02/07/2020.

KONTAN.CO.ID - BANDUNG. Travelling merupakan aktivitas yang memerlukan uang lebih tanpa harus memangkas anggaran harian yang primer. Untuk mewujudkan impian itu, diperlukan motivasi yang kuat dalam menabung. Melansir Travel + Leisure, berikut adalah empat cara menabung yang paling realistis untuk travelling.

Pertama, tidak ada cara lain selain membuat rencana dan anggaran travelling terlebih dahulu. Anda harus menulis secara rinci tentang tujuan travelling, ingin tinggal berapa lama, apa saja yang akan dilakukan di sana dan tinggal dimana. Jika sudah, langkah selanjutnya adalah memproyeksikan harga transportasi, akomodasi, makanan dan aktivitas yang akan dilakukan di sana.

Baca Juga: 5 Alasan mengapa anak-anak harus diajak jalan-jalan

Kedua, kuatkan tekad. Anda harus selalu ingat rencana dan anggaran travelling yang sudah ditulis secara rinci. Agar selalu ingat, jadikan foto destinasi tujuan Anda sebagai wallpaper di ponsel dan komputer, mencetak foto tersebut dan tempelkan di dinding kamar serta memajangnya di dompet. Dengan begitu, Anda akan selalu ingat dan berpikir sebelum mengeluarkan uang.

Baca Juga: Jangan konsumsi lima makanan ini sebelum travelling

Ketiga, pangkas anggaran jajan. Jika biasanya Anda membeli kopi dan camilan, sekarang mulailah untuk menghentikan kebiasaan itu. Sebaiknya, uang untuk jajan itu masuk ke dalam tabungan untuk travelling.

Keempat, pangkas anggaran bersenang-senang. Jika serius ingin menabung untuk travelling, Anda harus berani memangkas anggaran bersenang-senang seperti berlangganan Netflix, Hulu, Spotify dan platform streaming lainnya. Untuk sementara, Anda bisa meminjam dulu akun teman menggantinya dengan lebih sering membaca buku.

 

Editor: Novianti Siswandini


Terbaru