Jangan konsumsi lima makanan ini sebelum travelling

Jumat, 03 Juli 2020 | 11:14 WIB   Penulis: Novianti Siswandini
Jangan konsumsi lima makanan ini sebelum travelling

ILUSTRASI. Dua traveller sedang menyantap bekal makanan sehat di bandara.

KONTAN.CO.ID - BANDUNG. Mabuk dan sakit perut selama perjalanan merupakan dua hal yang paling ditakuti oleh wisatawan. Jika salah satu atau dua hal itu terjadi selama perjalanan, maka mood bersenang-senang sambil menikmati perjalanan pun akan hilang.

Ada satu hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegah dua hal itu terjadi, yaitu dengan mengatur pola makan. Anda harus mengetahui makanan apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi sebelum travelling.

Melansir Boldsky, ada lima makanan yang harus dihindari sebelum travelling.

Baca Juga: Liburan ke Seoul, jangan lewatkan lima tempat ini

Pertama adalah gorengan. Tak bisa dipungkiri jika makanan yang digoreng itu menggugah selera, cepat disajikan, murah dan enak. Akan tetapi, keinginan untuk menyantap makanan ini harus Anda tahan dulu sebelum travelling.

Pasalnya, mengonsumsi gorengan bisa menghambat proses pencernaan. Hal ini akan membuat Anda merasa tidak nyaman sepanjang perjalanan.

Kedua adalah produk olahan susu. Makanan yang terbuat dari produk olahan susu bisa membuat Anda merasa mual sepanjang perjalanan, apalagi jika Anda bepergian menggunakan mobil dan menempuh jarak yang cukup jauh.

Ketiga adalah makanan berat. Mengonsumsi makanan berat sebelum travelling memang bisa mencegah masuk angin atau perut kembung. Tapi, mengonsumsi makanan berat yang berlebihan malah akan membuat perut menjadi tidak nyaman. Karena itu, pastikan mengonsumsi makanan berat secukupnya saja.

Keempat adalah minuman beralkohol. Mengonsumsi minuman beralkohol akan menyebabkan dehidrasi. Selain itu, minuman beralkohol juga bisa membuat Anda pusing dan mual parah selama perjalanan.

Kelima adalah makanan non-vegetarian. Makanan non-vegetarian seperti ikan, ayam atau daging merah membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna. Karena itu, sebaiknya jangan mengonsumsi makanan-makanan tersebut sebelum travelling. Sebagai gantinya, Anda bisa mengonsumsi sayuran atau buah-buahan.

Baca Juga: Mabuk udara bikin perjalanan terganggu? Yuk, cegah dengan cara ini

Editor: Novianti Siswandini
Terbaru