Sport

FIFA siapkan US$ 2,7 miliar untuk bantu finansial klub yang terdampak virus corona

Rabu, 01 April 2020 | 13:20 WIB Sumber: Kompas.com
FIFA siapkan US$ 2,7 miliar untuk bantu finansial klub yang terdampak virus corona

ILUSTRASI. Ilustrasi logo FIFA

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Federasi Sepakbola Internasional (FIFA) dikabarkan akan mengucurkan dana sebesar US$ 2,7 miliar setara Rp 44,2 triliun untuk membantu finansial tim sepak bola di seluruh dunia yang terdampak virus corona. Sejak pertengahan Maret 2020, banyak kompetisi sepak bola di seluruh dunia ditangguhkan karena pandemi virus corona. 

FIFA kemudian langsung membentuk kelompok kerja untuk memetakan masalah yang ditimbulkan setelah kompetisi berhenti. Hasilnya, finansial menjadi masalah utama yang dihadapi klub karena kehilangan pemasukan. 

Untuk bisa membantu keuangan klub, FIFA berencana menyalurkan dana bantuan sesuai dengan skema yang akan ditentukan kelompok kerja pekan ini. 

Baca Juga: UEFA adakan pertemuan lagi untuk bahas kelanjutan musim 2019-2020

Mengutip Reuters, seorang juru bicara FIFA menilai dana bantuan ini sangat diperlukan untuk menjaga sepak bola secara keseluruhan. "Pandemi virus corona mengancam semua anggota FIFA serta organisasi sepak bola lainnya seperti liga dan klub untuk mengembangkan, membiayai, dan menjalankan kegiatan sepak bola di semua tingkatan," kata juru bicara FIFA. 

"Diperkirakan banyak pelaku di industri sepak bola, termasuk pemain pria dan wanita, akan dibiarkan dalam kondisi ekonomi yang sangat sulit selama krisisi ini," ujar juru bicara FIFA. 

Keputusan ini sejalan dengan kampanye Presiden FIFA Gianni Infantino saat mengikuti pemilihan pada 2016. "Uang FIFA adalah uang Anda dan bukan uang Presiden FIFA," kata Gianni Infantino saat berkampanye. 

Editor: Anna Suci Perwitasari


Terbaru