Ford Tarik 125 Ribu Unit Mobil Sport dan Truk, Dipicu Adanya Kerusakan Mesin

Jumat, 09 Juni 2023 | 07:00 WIB   Reporter: Ferry Saputra
Ford Tarik 125 Ribu Unit Mobil Sport dan Truk, Dipicu Adanya Kerusakan Mesin


OTOMOTIF - WASHINGTON. Ford Motor Co pada Selasa (6/6) mengatakan bahwa pihaknya menarik kembali 125 ribu unit mobil sport dan truk dari peredaran. Hal itu disebabkan adanya kerusakan mesin yang dapat menyebabkan kebakaran pada mobil tersebut.

Melansir Reuters, Rabu (7/6), penarikan kembali tersebut mencakup berbagai unit kendaraan, seperti SUV Escape, Lincoln Corsair, serta truk pick up Maverick dari model keluaran 2020-2023 dengan mesin hibrida 2.5L atau hibrida plug-in.

Baca Juga: Targetkan Produksi 2 Juta Kendaraan Listrik di 2026, Ford Gandeng Pemasok Lithium

Ford mengatakan penarikan itu terjadi karena adanya permasalahan pada mesin, yang berpotensi menyebabkan mesin gagal berfungsi sebelum waktunya dan dalam hal ini oli mesin atau uap bahan bakar dapat keluar sehingga meningkatkan risiko kebakaran dan cedera.

Ford awalnya telah menarik 100 ribu Escape, Corsair, dan Maverick di Amerika Serikat pada Juli 2022 setelah mengidentifikasi 23 laporan secara global tentang adanya kebakaran atau asap setelah dugaan kebocoran oli.

Ford melaporkan setidaknya ada tiga kendaraan yang mengalami kebakaran setelah unit kendaraan tersebut ditarik untuk mendapatkan perbaikan pada 2022.

Adapun Ford menyarankan pemilik untuk memarkir dan mematikan mesin jika mereka mendengar suara mesin yang tidak terduga, melihat tenaga kendaraan yang turun tiba-tiba, atau melihat asap.

Baca Juga: Saham Ford dan Tesla Melonjak Lebih Dari 7% Pasca Kesepakatan Supercharger

Sebelumnya, Ford juga melakukan aksi serupa dengan menarik 142 ribu Lincoln MKC SUV di Amerika Serikat karena risiko kebakaran dan menyarankan para pemiliknya untuk memarkir kendaraan di luar dan jauh dari bangunan hingga perbaikan selesai.

Ford mengatakan saat itu bahwa dealer akan mendatangi konsumen dan menambahkan sekering in-line ke sirkuit daya sensor monitor baterai dalam unit kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru