Gampang Belajar Perkalian Sederhana dengan Trik-Trik Ini, Yuk Dicoba

Rabu, 25 Mei 2022 | 14:22 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Gampang Belajar Perkalian Sederhana dengan Trik-Trik Ini, Yuk Dicoba

ILUSTRASI. Gampang Belajar Perkalian Sederhana dengan Trik-Trik Ini, Yuk Dicoba.


KONTAN.CO.ID - Perkalian merupakan salah satu operasi hitung sederhana yang sering digunakan dalam perhitungan matematika hingga perhitungan lain, seperti fisika dan keuangan.

Karenanya, siswa penting untuk memahami materi ini mulai dari tingkat yang paling sederhana. Jika siswa sudah paham dengan konsep perkalian sederhana, mereka bisa lebih mudah menerapkannya ke tingkat yang lebih tinggi. 

Daftar Isi

Melansir dari situs Sekolah BPK Penabur, biasanya anak akan menggunakan metode hafalan dalam mempelajari perkalian bilangan. 

Namun, ada metode yang lebih membantu anak memahami pelajaran matematika dibandingkan menghafal. 

Baca Juga: Tidak Selalu Membosankan, Ini Cara Belajar Berhitung yang Menyenangkan untuk Anak

Berikut ini beragam trik dan metode untuk mempermudah belajar perhitungan perkalian, dirangkum dari situs Sekolah BPK Penabur. 

Menggunakan media mainan 

Orangtua dapat menggunakan benda-benda seperti balok dan mainan kecil sebagai media perkalian. 

Media ini membantu anak melihat bahwa perkalian adalah cara untuk menjumlahkan lebih dari satu kelompok dengan angka yang sama berulang-ulang.

Contohnya, soal 6 x 3 pada selembar kertas, lalu minta anak membuat enam kelompok yang masing-masing kelompoknya terdiri dari tiga balok. 

Anak kemudian akan melihat konsep perkalian ketika anda memintanya untuk mengumpulkan enak kelompok dari tiga balok.

Metode menggandakan

Gagasan ganda memudahkan anak untuk memahami perkalian. Perkalian adalah fakta penjumlahan ganda alias menambahkan angka yang sama pada angka itu sendiri. 

Contoh, bisa Anda ajarkan perkalian dua pada anak. Ingatkan anak bahwa bilangan apapun yang dikaitkan dua sama dengan menambahkan bilangan itu ke dirinya sendiri.

Misalnya, perkalian 2 x 4 sama dengan penjumlahan 2 + 2 + 2 + 2. Begitu pun dengan perkalian 3 x 6, dimana anak menambahkan angka 3 sebanyak 6 kali.

Baca Juga: Asik! Kampus Mengajar Angkatan 4 2022 Dibuka Hari Ini, Cek Syarat Daftarnya

Menggunakan jari saat perkalian lima

Mungkin anak sudah tahu cara menghitung dengan jari sejak usia balita. Namun, mungkin anak tidak mengetahui bahwa dengan menghitung jari, anak sebenarnya bisa membaca tabel perkalian lima.

Ketika anak menggunakan jari-jarinya dan melacak beberapa kali kelima jarinya terbuka, maka ia dapat menemukan jawaban untuk masalah perkalian lima apa pun.

Misalnya, jika anak ingin menghitung 5 x 4, maka pastikan anak membuka kelima jarinya sebanyak empat kali. Jika anak teliti menghitungnya, ia akan mendapatkan jawaban 20.

Menambahkan '0' dalam perkalian 10

Perkalian 10 bisa dilakukan dengan mudah, bahkan tanpa perlu menghafal. Setiap menemukan perkalian 10, beritahu anak bahwa ia cukup menambahkan '0' pada bilangan yang dikali.

Misalnya, 10 x 5 = 50, atau 10 x 7 = 70. Menariknya perkalian 10 ini bisa dilakukan pada angka berapapun. Bahkan dua digit angka yang sama atau beda.

Misalnya, 10 x 20 = 200, atau 10 x 32 = 320, dimana kita cukup menambahkan angka 0 pada angka yang dikalikan dengan 10.

Baca Juga: Pendaftaran Calon Prajurit Tamtama TNI AU 2022 Kembali Dibuka, Ini Syaratnya

Angka ganda untuk perkalian 11

Selain perkalian 10, anda juga bisa mengajarkan anak keajaiban perkalian 11. Meskipun hanya berlaku dengan perkalian satu digit, namun dapat membantu anak hingga tahap tertentu. 

Tunjukkan pada anak bagaimana mengalihkan dengan 11 selalu membuatnya melihat hasil dua angka dari angka yang ia kalikan. Misalnya, 11 x 8 = 88 dan 11 x 6 = 66.

Demikian trik belajar perkalian sederhana dalam matematika menggunakan metode yang sederhana. Orangtua bisa mulai memberikan arahan agar buah hati lebih mudah mempelajari trik perkalian tersebut.

Degan metode tersebut diharapkan anak bisa lebih memahami perkalian matematika dan menerapkannya di kehidupan sehari-hari.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru