HOME

Ganjil genap Jakarta bakal berlaku bagi mobil dan motor, saat ini belum mulai

Sabtu, 06 Juni 2020 | 15:56 WIB   Reporter: Markus Sumartomdjon
Ganjil genap Jakarta bakal berlaku bagi mobil dan motor, saat ini belum mulai

ILUSTRASI. Kemacetan di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Senin (16/3/2020). Waktu itu Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meniadakan aturan ganjil genap untuk mencegah risiko penularan COVID-19 di transportasi publik sehingga masyarakat disarankan menggunakan kenda

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Aturan ganji genap di DKI Jakarta yang sempat dihentikan di masa PSBB akan diberlakukan kembali. Bukan hanya bagi mobil seperti sebelumnya, ganjil genap Jakarta di masa transisi ini juga berlaku buat sepeda motor.

Pemerintah Provinsi (Pempro) DKI Jakarta mulai menerapkan masa transisi di wilayah DKI Jakarta mulai 5 Juni sampai akhir Juni ini. Salah satu poin yang tertuang dalam masa transisi adalah pengendalian moda transportasi, termasuk melalui aturan ganji genap.

Baca Juga: Siap-siap, Suzuki akan luncurkan mobil murah terbaru

Dalam Peraturan Gubernur Nomor 51 Tahun 2020 tentang PSBB masa transisi menuju masyarakat sehat, aman dan produktif yang diteken Gubernur Anies Baswedan pada 4 Juni 2020, aturan ganjil genap resmi diberlakukan kembali.

Nah, Pergub juga menyebut bahwa aturan ganjil genap Jakarta ini tidak hanya berlaku bagi kendaraan roda empat, melainkan juga kendaraan roda dua alias sepeda motor.

Ketentuan tersebut tertuang pada pasal 17 ayat 2 poin a. Kendaraaan bermotor pribadi berupa sepeda motor dan mobil beroperasi dengan prinsip ganjil genap pada kawasan pengendalian lalu lintas di Jakarta.

Pasal 18 ayat 1 aturan tersebut juga menyebutkan bahwa kawasan pengendalian lalu lintas dengan prinsip ganjil genap sebagaimana dimaksud dalam Pasal 17 ayat (2) huruf a berlaku ketentuan seperti sebelumnya. Setiap pengendara kendaraan bermotor beroda 4 (empat) atau lebih dan roda 2 (dua) dengan nomor plat ganjil dilarang melintasi ruas jalan pada tanggal genap.

Pemberlakuan ganjil genap ditentukan pekan depan >>>

Editor: Hasbi Maulana


Terbaru