Gara-gara virus corona, pemain NBA dilarang lakukan tos

Selasa, 03 Maret 2020 | 14:48 WIB Sumber: BolaSport
Gara-gara virus corona, pemain NBA dilarang lakukan tos

ILUSTRASI. Pemain NBA dilarang lakukan tos


OLAHRAGA - JAKARTA. Penyebaran virus corona alias Covid-19 yang semakin luas di seluruh dunia membuat NBA merekomendasikan 10 hal baru kepada para pemain mereka.

Salah satu rekomendasi itu adalah larangan untuk melakukan tos alias high-five saat pertandingan.

Padahal, aksi tos merupakan hal lumrah yang dilakukan para pemain NBA saat tengah berada di dalam maupun luar lapangan. Gestur yang melibatkan dua telapak tangan dari dua orang berbeda ini memiliki arti "persetujuan" atau "kekompakan".

Baca Juga: Bintang NBA Kevin Durant minta ganja dilegalkan

Biasanya, seorang pemain NBA akan melakukan tos apabila berhasil melakukan sesuatu yang menguntungkan timnya, mulai dari mencetak poin, memblok tembakan lawan, sampai mencuri bola dari lawan.

Aksi ini bisa dilakukan dengan rekan setim atau penonton. Selain itu, penonton juga acap mendapat kesempatan melakukan tos dengan para pemain saat mereka masuk atau keluar lapangan.

Di luar aksi tos, NBA juga merekomendasikan larangan untuk berfoto bersama, menerima benda seperti pena dan spidol, serta bola dan jersey dari para penonton untuk ditandatangani. 

Hal tersebut dianggap riskan karena proses penyebaran virus corona terjadi melalui sentuhan, bukan udara.

"Kami juga melakukan komunikasi reguler satu sama lain, tim-tim NBA, para profesional liga lainnya, dan tentu saja, Anda semua," tulis pihak NBA pada memonya untuk para tim NBA, dilansir BolaSport.com dari The Associated Press.

Sejauh ini, para pemain NBA menanggapi rekomendasi tersebut dengan positif.

Baca Juga: Kawhi Leonard mendapatkan gelar MVP di ajang NBA All-Star Game 2020

Pebasket Miami Heat Jimmy Butler mengatakan, dirinya tidak terlalu cemas karena larangan melakukan tos untuk sementara.

"Saya tidak memikirkan apapun dari rekomendasi itu. Saya tetap akan menjadi diri saya dan kami (Heat) tetap akan menjadi diri kami," ucap Butler.

NBA memutuskan untuk merilis rekomendasi mereka terkait wabah virus corona setelah berkonsultasi dengan sejumlah aparat berwenang. Selain dengan Centers for Disease Control, NBA juga melakukan konsultasi dengan para periset di Columbia University di New York, Amerika Serikat.

Artikel ini telah tayang di BolaSport dengan judul "Virus Corona 'Paksa' NBA Rekomendasikan Larangan Pemain Lakukan Tos".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru