Google rilis Gmail versi ringan, Gmail Go cocok untuk HP Android spesifikasi minim

Jumat, 09 Oktober 2020 | 13:29 WIB   Penulis: Arif Budianto
Google rilis Gmail versi ringan, Gmail Go cocok untuk HP Android spesifikasi minim

ILUSTRASI. Google rilis aplikasi Gmail versi ringan, Gmail Go cocok untuk HP Android spesifikasi minim.


APLIKASI - Google merilis aplikasi Gmail versi ringan, cocok banget bagi yang punya HP Android dengan spesifikasi minim. Gmail Go kini sudah bisa Anda instal untuk seluruh pengguna HP Android.

Seiring berjalannya waktu, mungkin Anda tidak sadar bahwa HP Android yang Anda gunakan semakin lelet. Bukan berarti, HP Android yang Anda miliki jelek atau murahan.

Menumpuknya aplikasi dan file sampah di HP Android kerap kali membuat performa ponsel pintar yang Anda miliki menurun.

Sebagian dari Anda mungkin sudah merasakan ketika membuka aplikasi Gmail membutuhkan waktu yang sedikit lambat. Bisa jadi, karena e-mail dan file sisipan yang masuk sudah terlalu banyak. 

Tapi tenang saja, ada solusi yang pas buat HP Android Anda yang sudah mulai lambat ketika membuka Gmail. Baru-baru ini, Google merilis aplikasi Gmail versi ringan, yaitu Gmail Go.

Baca Juga: Mulai bulan depan, Office 365 tinggalkan dukungan Macbook jadul, kenapa?

Mengutip dari 9to5Google.com, Gmail Go kini sudah tersedia di toko aplikasi Playstore. Umumnya, aplikasi dengan tambahan kata "Go" berjalan sangat baik di HP Android yang spesifikasinya minim.

Sebab, tidak membutuhkan ruang memori penyimpanan atau penggunaan RAM yang besar. Gmail Go bisa berjalan optimal di HP Android yang mungkin sudah mulai tergerus zaman.

Penampakan Gmail Go

Dari penampilannya, Gmail Go tidak jauh berbeda dengan aplikasi Gmail biasa. Menurut 9to5Google.com, dalam beberapa kondisi seperti ketika scroll begitu smooth seperti versi biasanya.

Ini dilakukan demi mengoptimalkan kinerja perangkat, agar kinerja prosesor dan RAM pada HP Android Anda tidak begitu terkuras.

Secara fungsi, Gmail Go masih tetap sama sebagai client e-mail Anda. Mulai dari menampung e-mail yang masuk, membalas e-mail, hingga membuat e-mail untuk orang yang Anda tuju.

Baca Juga: Tips tersembunyi Instagram, bisa mengubah ikon Instagram ke versi jadul

Sayangnya, Gmail Go masih belum terintegrasi dengan Google Meet. 

Beberapa aplikasi dengan kata "Go" memang ditujukan untuk ponsel pintar Android dengan spesifikasi minim. Sebelumnya, Google merilis beberapa aplikasi versi Go, seperti YouTube Go, Assistant Go, Gallery Go, dan masih banyak lagi.

Aplikasi-aplikasi tersebut sebelumnya tersedia untuk sistem Android Go. Ini sistem operasi Android yang dirancang khusus untuk HP dengan spesifikasi minim.

Selanjutnya: Lagi! Dilaporkan ada 240 aplikasi berbahaya di HP Android, berkedok emulator GBA

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru