Hari Palang Merah Indonesia, ini sejarah dan profil singkat PMI di Indonesia

Jumat, 17 September 2021 | 13:40 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Hari Palang Merah Indonesia, ini sejarah dan profil singkat PMI di Indonesia

ILUSTRASI. Hari Palang Merah Indonesia, ini sejarah dan profil singkat PMI di Indonesia.


EDUKASI - Jakarta.  Tanggal 17 September 2021 diperingati sebagai Hari Palang Merah Indonesia (PMI) yang tahun ini genap berusia 76 tahun. 

PMI memiliki peran yang penting dalam sejarah bangsa Indonesia. Organisasi nasional ini berperan penting terutama saat bencana dan krisis lainnya.

Saat masa pandemi Covid-19, PMI juga turut hadir membantu pemerintah dan masyarakat seperti mendorong penyitas Cobid-19 untuk mendonorkan plasma konvalensi.

Untuk menambah pengetahuan tentang Palang Merah Indonesia, siswa bisa mempelajari sejarah dan profil singkat dari organisasi ini. 

Mari simak uraian singkat tentang sejarah berdirinya hingga tugas dari PMI berikut ini.

Baca Juga: Bank BTN buka kembali lowongan kerja tahun 2021, penempatan di berbagai kota besar

Awal berdirinya PMI

Organisasi Palang Merah di Indonesia sebenarnya sudah ada bahkan sebelum Perang Dunia II.

Organisasi tersebut, bersumber dari situs PMI Kota Semarang, didirikan oleh Pemerintah Kolonial Belanda dengan nama Nederlands Rode Kruis Afdeling Indie (Nerkai)

Nerkai didirikan pada tanggal 21 Oktober 1873. Sayangnya organisasi ini dibubarkan saat Jepang menduduki Indonesia.

Sedangkan perjuangan berdirinya Palang Merah Indonesia sendiri diawali perjuangan yang dipelopori Dr. RCL Senduk dan Dr Bahder Djohan pada tahun 1931.

Namun rencana pembentukan Palang Merah Indonesia ditolak pada Konferensi Nerkai. Pada kependudukan Jepang, rencana ini kembali ditolak. 

Baca Juga: Daftar Kartu Prakerja? Ini cara cek status kelulusan Gelombang yang Anda daftar

Akhirnya, PMI kemudian dibentuk atas perintah dari Presiden pertama Indonesia, Ir. Soekarno. 

Pada tanggal 3 September 1945, beliau meminta Menteri Kesehatan pada saat itu, Dr. Boentaran Martoatmodjo, untuk membentuk badan palang merah nasional. 

Tujuan dibentuknya badan tersebut adalah untuk menunjukkan eksistensi bangsa Indonesia pasca Proklamasi tanggal 17 Agustus 1945 kepada dunia internasional. 

Palang Merah Indonesia atau PMI secara resmi didirikan pada tanggal 17 September 1945 yang diketuai oleh Drs. Mohammad Hatta.

Setelah PMI berdiri, Pemerintah Belanda membubarkan Nerkai dan memberikan aset Nerkai kepada PMI. Hal ini disebabkan dalam satu negara hanya boleh ada satu perhimpunan nasional.

Editor: Tiyas Septiana

Terbaru