Hasil Euro 2020 Ukraina vs Makedonia Utara: Menang 2-1, Ukraina perpanjang napas

Kamis, 17 Juni 2021 | 22:11 WIB Sumber: Kompas.com
Hasil Euro 2020 Ukraina vs Makedonia Utara: Menang 2-1, Ukraina perpanjang napas

ILUSTRASI. Timnas Ukraina

KONTAN.CO.ID - Ukraina berhasil memetik tiga poin dalam pertandingan melawan Makedonia Utara pada matchday kedua fase grup Euro 2020. Duel Ukraina vs Makedonia Utara yang merupakan laga Grup C digelar di National Arena, Bucharest, Romania, Kamis (17/6) malam.  

Ukraina sukses mengakhiri pertandingan dengan kemenangan 2-1 berkat gol-gol Andriy Yarmolenko (29') dan Roman Yaremchuk (34').  Sementara satu gol balasan Makedonia Utara tercipta dari eksekusi penalti Ezgjan Alioski pada menit ke-57.

Kemenangan atas Makedonia Utara membuat Ukraina memperpanjang napas dalam persaingan menuju babak 16 besar Euro 2020. Peluang untuk lolos ke fase gugur masih terbuka, sebab saat ini Ukraina menghuni peringkat ketiga klasemen Grup C dengan koleksi tiga poin.  

Ulasan laga Ukraina vs Makedonia Utara 

Ukraina sangat mendominasi jalannya pertandingan sejak menit awal babak pertama. Saat laga baru berjalan sembilan menit, Ukraina tercatat sudah membuat tiga kali tembakan dan satu di antaranya tepat mengarah ke sasaran.  

Satu shot on target itu tercipta melalui aksi Ruslan Malinovskyi pada menit kedelapan. Namun, tendangan Malinovskyi berhasil digagalkan kiper Makedonia Utara, Stole Dimitrievski.  

Baca Juga: Denmark vs Belgia di Euro 2020: Setan Merah dan Tim Dinamit punya rekor menang sama

Empat menit berselang, Ukraina masih melancarkan serangannya. Kali ini, pergerakan Roman Yaremchuk yang membuat lini pertahanan Makedonia Utara kelimpungan. 

Menyambut umpan rekan setimnya, Roman Yaremchuk melakukan sprint dari tengah lapangan hingga mencapai kotak penalti Makedonia Utara.  Tetapi, bek Makedonia Utara, Stefan Ristovski, berhasil mengagalkan peluang Yaremchuk dengan menyapu bola ke luar lapangan.  

Ukraina memecah kebuntuan pada menit ke-29 via gol Andriy Yarmalenko. Gol bermula dari sepak pojok Ruslan Malinovskyi, bola kemudian diteruskan Oleksandr Karavaev ke tiang dekat dan langsung disambar Andriy Yarmolenko yang berdiri bebas.  

Bola pun bersarang nyaman di gawang Makedonia Utara. Skor 1-0 untuk keunggulan sementara Ukraina.  

Ukraina tak membutuhkan waktu lama untuk menggandakan keunggulan. Menit ke-34, giliran Roman Yaremchuk yang merusak jala gawang Makedonia Utara setelah memanfaatkan umpan Adriy Yarmolenko.  

Baca Juga: Ikuti jejak Ronaldo, bintang kemenangan Italia di Euro 2020 geser botol Coca-Cola

Editor: S.S. Kurniawan
Terbaru