Hati-hati! Aplikasi berkedok 'TikTok Pro' bisa memata-matai penggunanya

Jumat, 11 September 2020 | 10:22 WIB   Penulis: Arif Budianto
Hati-hati! Aplikasi berkedok 'TikTok Pro' bisa memata-matai penggunanya

ILUSTRASI. ILUSTRASI; Hati-hati! Aplikasi berkedok 'TikTok Pro' bisa memata-matai penggunanya


TIKTOK - Hati-hati! Aplikasi berkedok 'TikTok Pro' bisa memata-matai penggunanya. Jika Anda menemukan aplikasi ini di HP segera hapus. Atau, jika Anda ingin mendownloadnya, sebaiknya urungkan niat.

Sebentar lagi pengguna ponsel pintar di Amerika Serikat tidak bisa lagi menggunakan TikTok. Bahkan mencarinya saja di toko aplikasi Playstore dan Appstore tidak akan ketemu.

Berangkat dari situ muncul aplikasi TikTok Pro yang bisa di download di luar toko aplikasi. Bagi mereka yang masih ingin menggunakan TikTok mungkin berusaha mencari cara untuk mendapatkan aplikasi tersebut. 

Termasuk TikTok Pro yang tersebar di internet. Namun demikian, apakah TikTok Pro aman?

TikTok Pro ini beredar secara luas di luar sana melalui pesan Whatsapp. Mereka yang mungkin percaya bahwa ini TikTok akan download dan menginstallnya.

Namun setelah di install, tidak ada icon aplikasi TikTok yang muncul di layar ponsel pintar. Alhasil mereka mungkin mengira bahwa aplikasi tersebut gagal di install.

Tetapi pada kenyataannya, aplikasi TikTok Pro tersebut berjalan di background. Artinya aplikasi tersebut sudah berjalan namun iconnya memang sengaja tidak dimunculkan.

Disitulah letak berbahayanya. Mengutip dari Technadu.com, aplikasi TikTok Pro ini dapat mematai-matai penggunanya. Dengan kata lain bisa disebut sebagai Spyware.

Baca Juga: Disisipi malware berbahaya Joker, segera hapus 6 aplikasi Android ini!  

Mengenai Spyware

Dalam kasus ini, Spyware yang disuntikan pada TikTok Pro menginisiasi service di HP Android. Service tersebut bernama 'MainService', oknum yang bertindak dibelakangnya dapat mengakses berbagai hal yang ada di HP Android.

Mulai dari mengakses kamera, mencuri data dan akun pribadi hingga mendeteksi lokasi. Bayangkan jika pengguna menginstall aplikasi TikTok Pro, apa saja yang bisa diakses oleh oknum dibelakangnya ini ya.

Baca Juga: Hati-hati! Pesan menyeramkan di Whatsapp bisa sebabkan crash, ini cara menghindarinya

Sekali lagi, internet memang memudahkan berbagai hal baik pekerjaan maupun sekedar mencari hiburan. Namun demikian kita perlu menjaga keamanan kita masing-masing. 

Sangat disarankan untuk tidak langsung percaya dengan 'link' atau tautan yang tersebar di internet jika sumbernya tidak jelas. Dalam hal ini termasuk menginstall aplikasi di luar toko aplikasi resmi Playstore dan Appstore sangat tidak disarankan.

Tidak bisa dipungkiri, TikTok memang saat ini menjadi salah satu aplikasi yang populer. Namun demikian banyak kontroversi di balik aplikasi sosial media asal China ini.

Selanjutnya: Waspada! Ini 5 ancaman internet yang bisa merusak hingga mencuri data

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru