Edukasi

Hindari mengucapkan 5 kalimat ini bila ingin membesarkan anak bermental kuat

Kamis, 13 Agustus 2020 | 13:08 WIB Sumber: Kompas.com
Hindari mengucapkan 5 kalimat ini bila ingin membesarkan anak bermental kuat

ILUSTRASI. Dalam berkomunikasi dengan anak, orang tua harus jujur dan memberi jalan keluar atas setiap kesulitan.


KONTAN.CO.ID - Dalam mengasuh anak, kita sering tidak sadar mengucapkan kalimat yang memengaruhi mental mereka. Seperti contoh, "Saya sangat bangga pada anak saya karena begitu kuat, Dia tidak pernah menangis sejak neneknya meninggal."

Sepintas kalimat tersebut terdengar positif, namun bisa menjadi pesan beracun untuk anak. Tidak menangis bukan ciri utama kekuatan. Butuh lebih banyak keberanian untuk meneteskan air mata dibandingkan menahannya.

Kekuatan mental melibatkan kesadaran yang mendalam akan emosi kita dan mengetahui bagaimana berekspresi dengan cara yang sehat, seperti menangis saat kita sedih.

Baca Juga: Kemendikbud mengeluarkan kurikulum darurat untuk pembelajaran selama pandemi Covid-19

Kalimat yang kita gunakan membuat perbedaan besar. Jika tidak waspada, kita bisa mengirim pesan yang menanamkan kebiasaan tidak sehat yang dapat menguras kekuatan mental anak untuk mencapai potensi terbesar mereka.

Untuk membuat anak kuat secara mental, hindari beberapa kalimat berikut:

1. "Ini bukan masalah besar"

Di saat anak cemas dan menceritakan kekhawatirannya bahwa temannya akan marah padanya, jangan menggunakan kalimat "ini bukan masalah besar."

Bagi anak, itu masalah besar. Dan ia mencoba memberi tahu kita, bahwa ia membutuhkan bantuan untuk mengatasi emosinya. Daripada meminta anak untuk tidak khawatir, beri keterampilan yang ia butuhkan untuk mengatasi kesulitannya.

Baca Juga: Begini cara memompa ban sepeda yang wajib diketahui para pemilik sepeda

Editor: Noverius Laoli


Terbaru