Indonesia vs Thailand, tim Gajah Perang masih perkasa

Selasa, 10 September 2019 | 09:52 WIB   Reporter: Handoyo
Indonesia vs Thailand, tim Gajah Perang masih perkasa

ILUSTRASI. Pelatih timnas Indonesia Simon McMenemy


SEPAK BOLA - JAKARTA. Duel antara Indonesia vs Thailand akan berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (10/9). Pertandingan antara Indonesia vs Thailand merupakan laga kedua Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. 

Duel antara Indonesia vs Thailand ini merupakan yang ke-11 kalinya dalam 20 tahun terakhir pada laga resmi. Pada 10 pertemuan sebelumnya sejak tahun 2000, Thailand jauh lebih superior ketimbang Indonesia. Tim Gajah Perang tercatat sudah memenangi delapan laga, sedangkan Garuda baru dua kali. 

Pelatih timnas Indonesia, Simon McMenemy, menyadari rekor pertemuan yang tak berpihak ke timnya itu. Walau demikian, McMenemy tak ingin timnya terbebani dengan hal tersebut. 

Baca Juga: Pemain timnas Indonesia disarankan untuk jauhi medsos

"Walaupun rekor pertemuan kita masih kalah dari Thailand, tetapi lihat kemarin lawan Malaysia rekor itu ada untuk dipecahkan," kata McMenemy, dalam konferensi pers jelang laga, Senin (9/9). 

McMenemy memasang target kemenangan atas Thailand. Ia tidak peduli meski secara kualitas Thailand lebih unggul dibandingkan Indonesia. "Mau lawannya Brasil, Inggris atau Bhayangkara, tetap harus menang," ujar pelatih asal Skotlandia itu. 

Indonesia dan Thailand terakhir kali berduel di SUGBK pada babak penyisihan Piala AFF 2010. Ketika itu, Indonesia menang 2-1 lewat dua gol penalti Bambang Pamungkas. Dalam laga itu, Indonesia sempat tertinggal 0-1 lewat gol Suree Sukha. 

Pada dua edisi Piala AFF setelahnya, Indonesia dan Thailand tak pernah lagi bersua. Kedua tim baru kembali terlibat bentrok sebanyak tiga kali pada Piala AFF 2016, masing-masing satu pada babak penyisihan dan dua kali dalam final. Hasilnya, Thailand menang dua kali, sedangkan Indonesia hanya sekali. 

Baca Juga: PSSI: Suporter timnas Thailand mendapat jatah 3.000 tiket

Pada Piala AFF 2018, Indonesia dan Thailand hanya sekali bertemu di Stadion Rajamangala, Bangkok. Pada laga babak penyisihan grup tersebut, Thailand menang dengan skor 4-2. 

Thailand dan Indonesia sempat ditempatkan di grup yang sama pada babak kualifikasi Piala Dunia 2018. Namun, Indonesia batal ikut karena sanksi FIFA. Sebelum 2010, Thailand bisa dibilang selalu menjadi mimpi buruk bagi skuad Garuda. 

Pada Piala AFF 2008, Indonesia kalah dua kali dalam semifinal yang berlangsung dua leg. Pada leg pertama di SUGBK, Indonesia kalah 0-1. Thailand juga merupakan tim yang mengubur impian Indonesia untuk menjadi juara Piala AFF (dulunya Piala Tiger) untuk pertama kalinya di rumah sendiri pada 2002. 

Dalam laga final di SUGBK, Bambang Pamungkas dkk kalah lewat adu penalti. Pada Piala AFF 2000, Indonesia juga selalu kalah dalam dua pertemuan, masing-masing satu dalam penyisihan dan satu pada partai final. (Alsadad Rudi)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rekor Pertemuan Indonesia Vs Thailand, Gajah Perang Lebih Superior"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .

Terbaru