MENCARI KERJA - JAKARTA. Menghadapi wawancara kerja mungkin menjadi salah satu momok bagi para pencari kerja. Saat tes tertulis atau administrasi, biasanya peserta akan sangat yakin lolos, tapi berbeda ketika menghadapi wawancara kerja.
Banyak faktor yang menyebabkan para pencari kerja gugur saat sesi interview. Pertanyaan menjebak, durasi waktu yang terkesan singkat, juga detail-detail lain membuat tidak sedikit pencari kerja gagal dalam wawancara kerja.
Agar lebih siap menghadapi wawancara kerja, ada banyak hal yang perlu Anda persiapkan dan perhatikan. Mengutip Indeed, berikut tips menghadapi wawancara kerja yang efektif sehingga membuat proses interview Anda lebih lancar:
Baca Juga: Lowongan Kerja di Bursa Efek Indonesia besar-besaran, catat syaratnya
Persiapkan segala hal yang diperlukan saat wawancara kerja
Perhatikan segala persyaratan yang wajib Anda bawa saat wawancara. Persiapkan segala dokumen, alat tulis, dan sebagainya di malam sebelum wawancara. Masukkan dalam tas Anda, dan cek kembali saat akan berangkat menuju lokasi wawancara.
Mempersiapkan baju dan sepatu yang akan Anda kenakan saat interview juga merupakan salah satu cara menghadapi wawancara kerja yang efektif.
Datang lebih awal, setidaknya 15 menit sebelum wawancara
Tips menghadapi wawancara kerja selanjutnya adalah kedatangan. Estimasikan jarak dan waktu tempuh dari lokasi Anda dan tempat wawancara.
Baca Juga: Lowongan kerja BUMN lewat program GDP, silakan catat persyaratannya
Dari estimasi tersebut, Anda bisa memperkirakan pukul berapa akan sampai di lokasi wawancara. Jangan datang pas dengan jadwal interview, tapi setidaknya 15 menit lebih awal.
Dengan datang awal, Anda bisa memiliki waktu untuk mempersiapkan diri dan sedikit berlatih sebelum benar-benar mengikuti interview.
Buat kesan yang baik saat wawancara berlangsung
Detail-detail kecil, seperti kuku dan sepatu, kadang terabaikan oleh peserta interview. Memberikan sedikit perhatian pada detail-detail ini bisa membantu Anda menghadapi wawancara kerja.
Kuku yang bersih dan terpotong rapi, sepatu yang bersih, hingga pakaian yang bebas noda dan bulu binatang, bisa memberikan kesan yang baik saat wawancara kerja.
Baca Juga: Lowongan kerja BUMN PTPN dibuka13 Juli 2020, ini syarat dan ketentuan
Tunjukan semangat dan energi positif selama proses wawancara
Salah satu tips menghadapi wawancara kerja yang perlu Anda perhatikan adalah antusiasme. Tunjukan antusiasme Anda terhadap perusahaan dengan cara yang positif.
Tersenyum dan selalu merespon dengan baik pertanyaan-pertanyaan interview, bisa menjadi nilai tambah Anda di mata HRD.
Kaitkan segala jawaban dengan skill yang Anda punyai dan jobdesk posisi yang dilamar
Penting bagi Anda untuk memberikan jawaban yang sesuai, terutama dengan posisi yang Anda lamar. Sebisa mungkin berikan jawaban yang bisa dikaitkan dengan jobdesk posisi yang Anda lamar.
JIka memang tidak memungkinkan, tidak perlu Anda buat-buat sehingga terkesan mengada-ada.
Baca Juga: Lowongan kerja terbaru 2020 Alfamidi, banyak posisi untuk banyak jurusan
Efektif dan fokus
Karena durasi interview yang cukup singkat, tips menghadapi wawancara selanjutnya adalah mengelola jawaban Anda. Berikan jawaban-jawaban yang efektif tanpa berbelit-belit tapi juga sesuai dengan pertanyaan yang diajukan.
Fokus juga pada pertanyaan agar Anda tidak terlalu over saat menjawab.
Jangan berbicara jelek tentang pesaing atau tempat kerja Anda sebelumnya
Tips menghadapi wawancara kerja yang terakhir adalah jangan menjelek-jelekan siapapun. Mungkin Anda memiliki masalah dengan kantor sebelumnya, atau menurut Anda kandidat lain tidak sebagus Anda.
Saat wawancara berlangsung, tahan diri Anda untuk berkata hal-hal negatif. Perusahaan mencari karyawan dengan mindset yang positif dan memiliki skill problem solving.
Baca Juga: Lowongan kerja 2020 Yamaha Indonesia Motor, ini posisi dan syaratnya
Berkomentar buruk tentang pesaing atau kantor lama Anda, hanya akan membuat interviewer menilai negatif sikap dan integritas Anda.
Sampaikan hal-hal positif yang Anda dapat selama di kantor lama, dan sampaikan juga jika Anda ingin meningkatkan skill tersebut di perusahaan yang Anda lamar sekarang.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News