Style

Ingin kulit sehat saat menjalankan ibadah puasa? Ikuti enam tips ini

Jumat, 01 Mei 2020 | 15:26 WIB   Reporter: Handoyo
Ingin kulit sehat saat menjalankan ibadah puasa? Ikuti enam tips ini

ILUSTRASI. Sales Promotion mencoba kosmetik yang dipamerkan./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/03/04/2018.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Selama berpuasa Ramadan, kulit juga membutuhkan perhatian khusus agar tetap sehat terjaga. Menjaga kesehatan kulit sama pentingnya dengan memiliki makanan yang sehat selama berpuasa.

Dokter spesialis kulit, dr. Yasmina D. Kumala, SpKK mengatakan kesehatan kulit sangat dipengaruhi dari makanan yang kita konsumsi. Jika kita terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang dapat membentuk radikal bebas dalam tubuh, hal ini dapat menginduksi penuaan (aging) kulit lebih cepat.

Baca Juga: Ini cara alami menurunkan asam lambung Anda

"Puasa sangat bermanfaat bagi kulit dalam mengontrol tubuh agar tidak sembarangan menerima makanan dan cemilan-cemilan yang tidak sehat. Tentunya harus disertai menu makanan sehat baik saat berbuka puasa maupun saat sahur," kata dr. Yasmina, Jumat (01/05). 

Agar kulit tetap sehat terjaga selama menjalankan puasa Ramadhan, dr. Yasmina yang membuka praktek di RS Bunda Margonda Depok ini memberikan enam kiat kulit sehat.  Pertama, hindari makanan yang mengandung kafein, perbanyak konsumsi sayur dan buah untuk menjaga jumlah asupan serat dan sebgai antioksidan alamiah bagi kulit.

Kedua, jaga hidrasi kulit dengan tetap cukup minum air putih. "Hitung simpelnya sebanyak 8 gelas sehari yang terbagi 2 gelas saat sahur, 2 gelas saat berbuka puasa, dan 4 gelas saat sebelum tidur (2-2-4)," imbuhnya.

Baca Juga: Ini obat herbal yang ampuh menurunkan kolesterol

Ketiga, selama berpuasa, kadang area bibir akan lebih kering. Oleh karena itu, disarankan menggunakan lipbalm berbahan dasar oklusif. Keempat, gunakan pelembab badan setiap habis mandi, tabir surya pada wajah. Kelima, setelah tarawih sebelum tidur, rutin gunakan krim derivat vitamin A. "Hal ini betujuan untuk mencegah penuaan wajah," ujarnya. 

Dan keenam, upayakan tidur cukup untuk mengistirahatkan seluruh organ tubuh termasuk kulit kita. "Selain sebagai ibadah, puasa juga dapat menjadikan kulit dan tubuh kita lebih sehat," kata dr. Yasmina.


Editor: Handoyo .


Terbaru