Ingin sukses menanam sawi dan selada dengan cara hidroponik? Simak panduannya di sini

Kamis, 30 Juli 2020 | 18:21 WIB Sumber: Kompas.com
Ingin sukses menanam sawi dan selada dengan cara hidroponik? Simak panduannya di sini

ILUSTRASI. Permintaan Sayuran Hidroponik Meningkat: Pekerja melakukan perawatan tanaman bayam hijau (amarin) di kebun hidroponik Serua Farm Pamulang, Tangerang Selatan, Banten, Selasa (7/7). Permintaan sayuran hidroponik mengalami kenaikan hingga 200 persen di masa


HOBI - JAKARTA. Menanam sawi dan selada dengan metode hidroponik tidak sulit. Anda hanya perlu mengikuti instruksi berikut ini untuk bisa memiliki tanaman sawi dan selada hidroponik. 

Menanam sawi dan selada dengan metode hidroponik terbilang tidak sulit. Sayuran hijau ini mudah ditanam bagi para pemula. Hidroponik sendiri adalah metode menanam yang menggunakan media air. 

Metode ini cocok bagi Anda yang ingin berkebun tetapi tidak memiliki lahan dan tanah yang luas.

Baca Juga: Begini cara menanam kangkung dengan metode hidroponik

Ikbal Alexander dari Kertabumi Recycling Center menjelaskan, jika sayuran hijau adalah tumbuhan yang ideal bagi pemula yang ingin berkebun hidroponik. 

"Saya selalu merekomendasikan sayuran yang dikonsumsi sehari-hari," kata Ikbal kepada Kompas.com, Rabu (1/7/2020). 

Tanaman yang ideal dan mudah ditanam dengan hidroponik ini adalah sayuran hijau, antara lain kangkung, sawi, selada dan bayam. 

Sebelum menanam selada dan sawi Anda perlu memperhatikan beberapa hal, pertama mengenai alat yang dibutuhkan dan cara merawatnya. 

Berikut hal-hal yang harus diperhatikan saat akan menanam tanaman hidroponik. 

Mempersiapkan alat 

Ikbal mengatakan jika peralatan untuk hidroponikbisa dibuat sendiri dan banyak yang sudah dijual di toko online. 

“Alat ini sudah sering dijual di online shop, itu sudah lengkap sama dinamonya, penampung tumbuhannya lalu juga ada tabung airnya, ini lebih simpe," kata Ikbal.  

Kisaran harga alat berkebun hidroponok mulai Rp 100.000 hingga Rp 200.000, tergantung luas media tanam. Alat hidroponik tersebut dilengkapi dengan sumber listrik yang digunakan untuk memompa air dan untuk masuk ke semua ke lubang-lubang pipa. 

Jika Anda ingin menghemat pengeluaran ada juga alat manual yang bisa dibikin sendiri di rumah. Anda hanya perlu menyiapkan gelas plastik yang sudah dilubangi bagian bawahnya lalu berikan kain flanel. 

Kemudian siapkan wadah apapun untuk tempat penampung airnya. “Tempat penampung airnya bisa bebas, bisa ember atau botol air mineral yang bekas yang besar, lalu dikasih air sampai menggelamkan akar dari tanamannya,” papar Ikbal. 

Media seperti kain flanel, sumbu, spone dan kerikil berguna untuk menjaga kelembapan di akar. Selain itu berguna untuk menjadi tumpuan akar dan tumbuhan ke atas. 

Cara membuat wadah hidroponik 

Cara membuat alat hidroponik adalah dengan melubangi bagian bawah gelas plastik atau bagain atas botol plastik. 

Kemudian lapisi dengan flanel atau sumbu atau spone hingga menutupi lubang tersebut, lapisi bagian dalam wadah dengan ketebalan yang cukup. Kemudian carilah wadah sederhana seperti ember atau botol plastik 1,5 liter. 

Lalu, Anda masukan wadah tanaman sedalam 1 cm. Pastikan flanel atau media pelembab lainnya sudah terendam air sebagian. 

Cara menanam selada dan sawi 

Sebelum menanam sawi atau selada Anda harus menyiapkan bibit atau benih dari sayuran hijau ini.

Pertama bisa menggunakan biji sawi atau selada atau yang sudah tumbuh tunasnya dan empat daun sejati. Jika sudah memiliki empat daun sejati bisa langsung ditanam pada wadah hidroponik. 

Namun, bila masih berbentuk benih Anda bisa menyemainya terlebih dahulu. Caranya sebagai berikut : 

1. Masukkan benih sayur dalam wadah penyemaian, bisa dengan media tanah atau hidroponik. Setelah itu jika sudah tumbuh daun sejati langsung dipindahkan ke wadah yang lebih besar.

2. “Cara menyemai sama dengan cara menanamnya. Pertama masukkan flanel atau media yang membuat tanaman ini lembab lalu masukkan biji dan masikan kedalam air hingga tingginya 1 cm,” jelas Ikbal. 

3. Selada dan sawi akan tumbuh dan bisa dipanen jika sudah berumur 30 hari. Saat panen kamu bisa memotong daun tua dari selada dan sawi atau daun yang paling bawah. 

“Kalau memanen, untuk pribadi ambil 50% dari jumlah daunnya saja, jangan diambil semuanya,” jelasnya. 

Cara merawat tanaman hidroponik 

Tumbuhan hidropinik memerlukan nutrisi dari matahari, angin dan pupuk cair. Tumbuhan yang mendapat sinar matahari akan lebih kekar, lebih besar, dan tahan lama. 

Jika ruangan tidak memiliki sudut yang terpapar sinar matahari, bisa gunakan lampu grow light atau lampu sinar matahari. 

Selain itu Anda memerlukan tempat yang terpapar dengan angin seperti jendela atau balkon karena angin akan membawa oksigen yang diperlukan oleh tanaman. 

Kemudian siapkan pupuk cair bisa kimia atau alami. Jika pupuk cair alami bisa dari air bekas rendaman beras dan air bekas rendaman daun pisang yang sudah diolah.(Yanan Gabriella Wijaya) 

Baca Juga: Ingin menanam bawang merah sendiri di rumah? Begini caranya

 

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Cara Tanam Selada dan Sawi dengan Metode Hidroponik, 30 Hari Panen"

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tri Sulistiowati

Terbaru