Ini 5 Cara Agar Kamera Laptop Tidak Mirror dengan Bantuan Aplikasi

Senin, 22 Juli 2024 | 14:47 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Ini 5 Cara Agar Kamera Laptop Tidak Mirror dengan Bantuan Aplikasi

ILUSTRASI. Ilustrasi perangkat laptop


LAPTOP - JAKARTA. Cara agar kamera laptop tidak mirror atau terbalik. Mirror pada kamera mengacu pada cermin yang digunakan dalam desain kamera refleks lensa tunggal (single-lens reflex atau SLR).

Fungsi utama cermin ini adalah untuk memantulkan cahaya yang masuk melalui lensa ke layar. Pada webcam laptop, pengguna dapat melihat langsung pantulan ke layar laptop.

Dalam era digital saat ini, penggunaan webcam untuk rapat virtual, kelas online, dan komunikasi sehari-hari telah menjadi hal yang umum. Namun, tidak jarang pengguna mengalami kebingungan ketika melihat gambar mereka terbalik atau tercermin di layar.

Dengan memahami cara kerja dan mengatur fitur mirror pada webcam dapat meningkatkan kualitas interaksi dan kenyamanan pengguna saat berkomunikasi secara virtual.

Baca Juga: 6 Penyebab Layar Laptop Hitam atau Blank beserta Cara Mengatasinya

Cara agar kamera laptop tidak mirror atau terbalik

Layar Laptop

Fitur ini memungkinkan pengguna untuk menampilkan gambar yang lebih natural dan intuitif. Nah, Anda bisa ikuti panduan untuk membuka kamera laptop tidak mirror atau terbalik, dilansir dari Fineshare.

Baca Juga: Ini 4 Cara Transfer Foto HP ke Laptop Windows dan Macbook

1. Perbarui Sistem Windows

Webcam umumnya dirancang untuk terkonfigurasi secara otomatis begitu terhubung ke motherboard. Jadi, jika Anda menemukan kamera Anda terbalik dengan salah, baik itu kamera bawaan atau webcam eksternal, hal pertama yang perlu dilakukan adalah memeriksa apakah ada pembaruan Windows yang perlu diinstal.

Pilih Start > Settings > Update & Security > Windows Update, lalu pilih Check for updates. Jika pembaruan tersedia, instal pembaruan tersebut.

Setelah menginstal, cukup restart komputer Anda. Ini mungkin akan menyelesaikan masalah dengan mengatur ulang kamera secara otomatis. Jika ini tidak berhasil, mungkin ada masalah dengan driver webcam laptop.

2. Instal Ulang atau Perbarui Driver Webcam

Apabila Anda menggunakan webcam eksternal, sebaiknya dapatkan driver yang kompatibel dari situs web pabrikan atau dalam bentuk disk fisik. Menginstal driver yang benar seharusnya dapat mengonfigurasi webcam Anda dengan benar. Untuk webcam bawaan, menginstal ulang driver webcam mungkin bisa menyelesaikan masalah.

Untuk melakukan ini, buka Device Manager, klik Camera / Integrated Camera, klik kamera yang bersangkutan, dan uninstall. Pastikan Anda meng-uninstall tanpa menghapus perangkat lunak driver. Setelah Anda merestart komputer, driver seharusnya menginstal ulang dan mengatur ulang webcam Anda.

Jika langkah ini tidak berhasil, Anda mungkin harus menginstal versi terbaru untuk driver webcam Anda. Anda dapat melakukannya sendiri secara manual dengan mengunjungi halaman pabrikan laptop Anda.

3. Cara Flip Kamera untuk Zoom di Windows

Anda dapat menghindari kamera laptop mirror di aplikasi Zoom, Anda bisa pergi untuk buka Zoom, pergi ke Settings, dan klik Video. Ini akan membuka jendela yang memungkinkan Anda memeriksa atau menghapus centang opsi Mirror my Video.

Opsi ini memungkinkan Anda menghindari kamera laptop mirror video webcam dari kanan ke kiri, sesuai keinginan.

Anda juga dapat memutar video webcam di Zoom ke samping atau terbalik. Anda dapat melakukannya di jendela yang sama dengan mengklik opsi rotate di sudut kanan atas layar.

4. Flip Kamera Laptop di Google Meet

Dalam flip webcam di Google Meet cukup mudah. Pertama, Anda harus menginstal ekstensi chrome bernama VideoMirror. Anda dapat mencari nama VideoMirror di chrome dan menginstal ekstensi dari chrome web store seperti yang ditampilkan di bawah ini.

Setelah Anda menambahkan VideoMirror sebagai ekstensi, Anda dapat membuka Google Meet. Periksa pratinjau video Anda dan klik ikon VideoMirror di kanan atas browser chrome Anda untuk flip sesuai keinginan untuk menghindari kamera laptop mirror.

Ekstensi ini membantu membalik video Anda secara horizontal. Jadi, Anda bisa mengubah dari orientasi kanan ke kiri, tergantung pada preferensi Anda.

5. Flip Webcam dengan FineCam

Jika alat obrolan video yang digunakan tidak mendukung pencerminan atau pembalikan webcam, Anda mungkin harus menggunakan perangkat lunak webcam pihak ketiga untuk menyesuaikan orientasi gambar.

Aplikasi FineCam adalah perangkat lunak webcam virtual sederhana yang dapat Anda gunakan untuk flip, mirror, atau memutar gambar webcam untuk panggilan video atau kasus lainnya karena bekerja dengan hampir semua aplikasi video populer seperti Zoom, Google Meet, Skype, Discord, OBS Studio, dll.

Untuk menyesuaikan orientasi webcam, pertama-tama Anda akan menambahkan scene menggunakan webcam Anda.

Setelah FineCam mengenali webcam, Anda dapat menggunakan panel Transform di sudut kanan atas untuk mencerminkan, memutar, atau memperbesar dan memperkecil video Anda.

Demikian informasi terkait agar kamera laptop tidak mirror atau terbalik dengan praktis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru