Ini 6 Penyebab Klaim Asuransi Mobil karena Banjir Ditolak

Selasa, 28 November 2023 | 14:07 WIB   Penulis: Virdita Ratriani
Ini 6 Penyebab Klaim Asuransi Mobil karena Banjir Ditolak

ILUSTRASI. Penyebab Klaim Asuransi Mobil karena Banjir Ditolak. (KONTAN/Baihaki)


Penyebab Klaim Asuransi Mobil Ditolak - Curah hujan yang tinggi di berbagai wilayah Tanah Air telah menimbulkan bencana banjir, seperti yang terjadi di kawasan Bogor. Bencana tersebut menimbulkan insiden sebuah mobil terendam banjir, belum lama ini.

Kondisi tersebut tentu saja tidak akan menimbulkan kerugian finansial jika pemilik kendaraan memiliki asuransi mobil. Seperti diketahui, asuransi mobil penting dimiliki untuk melindungi keuangan, terutama saat terjadi kecelakaan atau mengalami kehilangan akibat pencurian.

Berkat jaminan dari asuransi mobil yang dimiliki, kita bisa mendapat ganti rugi terhadap berbagai kerugian. Namun, apakah bisa mengajukan klaim asuransi mobil jika
kendaraan terjebak banjir?

Jawabannya, nasabah dapat mengajukan klaim asuransi mobil yang terendam banjir. Namun, ada beberapa penyebab klaim asuransi mobil ditolak.

Lalu, apa saja penyebab klaim asuransi mobil karena banjir ditolak?

Baca Juga: 8 Rekomendasi Mobil Bekas Hatchback yang Pernah Mengaspal, Ada Mazda hingga VW

Miliki perluasan polis manfaat asuransi 

Dirangkum dari keterangan resmi Lifepal, untuk bisa melakukan klaim asuransi mobil terkena banjir maka perlu memilih perluasan manfaat asuransi. Perluasan manfaat asuransi ini dapat membuat tambahan proteksi jika mobil menjadi korban bencana alam seperti gempa bumi dan banjir.

Manfaat tersebut dapat Anda peroleh dari jaminan asuransi mobil All Risk maupun Total Loss Only (TLO). Untuk mendapatkan manfaat dari jenis perlindungan tersebut, tentu saja Anda harus membayar premi sesuai dengan kesepakatan dalam polis asuransi. 

Selain itu, Anda harus memahami trik klaim asuransi agar pengajuannya dapat dilakukan tepat dan perusahaan asuransi bisa cepat memprosesnya.

Baca Juga: Ada Teror Bakar Mobil, Apakah Ditanggung Asuransi?

Penyebab klaim asuransi mobil karena banjir ditolak

Sementara itu, berikut beberapa penyebab klaim asuransi mobil terendam banjir ditolak seperti dijelaskan oleh Co-Founder dan CMO Lifepal, Benny Fajarai: 

1. Polis sudah tidak aktif

Salah satu faktor utama mengapa klaim asuransi mobil milik Anda ditolak karena polis lapse atau kondisi polis tidak aktif. Biasanya, kondisi ini terjadi jika Anda belum membayar premi melebihi batas waktu maksimum, sehingga perusahaan asuransi tidak bisa membayar klaim.

Baca Juga: Waspada, Ini Wilayah Jabodetabek yang Berpotensi Banjir 21-30 November 2023

2. Kerusakan sudah terjadi sebelum mendaftar asuransi

Hal lain yang tak kalah penting diketahui mengapa klaim asuransi mobil ditolak karena Anda mengajukan kerusakan yang sudah ada sebelum mendaftar asuransi. Kondisi ini tentu saja menyebabkan Anda tidak bisa lagi mengajukan klaim asuransi.

3. Melanggar aturan

Klaim asuransi mobil juga akan mendapat penolakan jika Anda selaku pengemudi kendaraan yang diasuransikan melanggar aturan lalu lintas. Dalam hal ini, ada berbagai contoh pelanggaran aturan yang umum terjadi.

Misalnya, tidak memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM) atau mengemudi dalam kondisi mabuk alkohol. Selain itu, Anda sebagai pengendara tidak menaati rambu lalu lintas dan menimbulkan terjadinya kecelakaan.

Tak hanya itu saja, hal lain yang tak kalah penting diperhatikan adalah lokasi terjadinya kecelakaan. Jika mobil mengalami lecet saat berada di wilayah tertentu yang tidak termasuk dalam kontrak kesepakatan polis asuransi, maka dapat membuat klaim ditolak.

Baca Juga: Sejarah dan Biaya Makan Siang dengan Warren Buffett dari Tahun ke Tahun

4. Polis asuransi tidak dalam masa tunggu

Apapun jenis polis asuransi yang dimiliki, tentu ada masa tunggu yang telah ditetapkan perusahaan. Umumnya, perusahaan memberi periode satu bulan setelah polis terbit, di waktu ini nasabah belum bisa mengajukan klaim.

Jika Anda mengalami risiko pada masa waktu tunggu tersebut, maka bisa jadi klaim asuransi akan ditolak.

5. Kerusakan yang sengaja dilakukan

Hal lain yang tak kalah penting untuk diketahui mengapa klaim asuransi ditolak, karena kerusakan mobil terjadi atas kesengajaan diri sendiri. Misalnya, sengaja menabrakkan mobil ke mobil lainnya atau memukul kendaraan Anda hingga rusak.

Klaim asuransi mobil juga akan ditolak jika Anda terbukti sengaja menerjang banjir sehingga menyebabkan mesin kemasukan air. Selain itu, jika Anda salah memilih jalan yang memang berpotensi banjir, maka tentu saja klaim akan ditolak karena kesalahan itu atas dasar kelalaian diri sendiri.

Baca Juga: Adira Festival-Jabodetabek Berjalan Meriah & Penuh Warna, Kolaborasi Berbagai Pihak

6. Ada aksesori tambahan yang tidak dilaporkan

Poin terakhir yang penting dipahami, Anda wajib melaporkan aksesori tambahan yang dipasang di mobil kepada perusahaan asuransi. Hal ini dilakukan agar perusahaan bisa tepat menghitung nilai pertanggungan.

Jika Anda lupa melaporkan penambahan aksesori tersebut, maka jangan heran jika mengalami penolakan saat mengajukan klaim asuransi.

Demikian sejumlah penyebab klaim asuransi mobil terendam banjir ditolak. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Virdita Ratriani

Terbaru