Sport

Ini deretan rekor yang berpeluang dipecahkan Lionel Messi di Liga Champions musim ini

Rabu, 28 Oktober 2020 | 14:12 WIB Sumber: Sport Skeeda
Ini deretan rekor yang berpeluang dipecahkan Lionel Messi di Liga Champions musim ini

ILUSTRASI. Ini deretan rekor yang berpeluang dipecahkan Lionel Messi di Liga Champions musim ini. REUTERS/Albert Gea


KONTAN.CO.ID - BARCELONA. Lionel Messi menatap musim baru dan siap memecahkan beberapa rekor pemain di Liga Champions UEFA. Lionel Messi kini telah mencetak banyak gol dan meraih kemenangan bersama Barcelona di ajang Liga Champions.

Leo Messi adalah satu dari hanya dua pemain dalam sejarah Liga Champions yang mencetak lebih dari 100 gol untuk satu klub; namun, jumlah 116 golnya dalam kompetisi di Liga Champions adalah yang paling banyak dicetak untuk satu klub.

Kapten Argentina itu memulai musim ke-17 di Liga Champions dengan menjadi pemain pertama yang mencetak gol dalam 16 musim berturut-turut di kompetisi tersebut, dalam prosesnya juga mencetak gol melawan lawan Liga Champions ke-36 yang memperpanjang rekor.

Jika Messi mampu membawa Barcelona ke partai final Liga Champions dan mencetak banyak gol, maka Messi bisa memecahkan beberapa rekornya. Berikut, lima rekor di Liga Champions bisa dipecahkan Lionel Messi musim ini. 

Baca Juga: Jadwal bola Liga Champions malam hari ini, sajikan big match Juventus vs Barcelona

Yuk simak daftarnya yang dirangkum dari situs Sportskeeda.com:

1. Cetak 70 gol di Fase Grup Liga Champions

Dengan mencetak gol melawan Ferencvaros pada pertandingan pembuka, Lionel Messi menyamai rekor Ryan Giggs sebagai satu-satunya pemain yang mencetak gol dalam 16 musim berbeda di kompetisi tersebut. 

Dalam prosesnya, Lionel Messi memperpanjang rekor golnya yang dicetak di babak penyisihan grup Liga Champions menjadi 69 gol. Catatan ini sudah unggul enam gol dari pemain terbaik berikutnya Cristiano Ronaldo.

Jika kapten Barcelona itu mencetak gol sekali lagi sebelum babak sistem gugur musim ini,  maka Lionel Messi akan menjadi pemain pertama dalam sejarah Liga Champions yang mencetak 70 gol di babak penyisihan grup.

2. Cetak hat-trick kesembilan di Liga Champions

Di antara kumpulan rekor pencetak golnya di Liga Champions, Lionel Messi adalah pemain pertama yang mencetak delapan hat-trick di kompetisi tersebut, sebuah tanda yang kemudian hanya dicapai oleh Cristiano Ronaldo.

Pemain berkebangsaan Argentina ini merupakan salah satu dari dua pemain yang telah mencetak lima gol dalam pertandingan Liga Champions. Dengan catatan tersebut, Messi berpeluang untuk mendulang hat trick di pertandingan Liga Champions.

Namun, harus dicatat bahwa sudah lebih dari dua tahun sejak Messi mencetak hat-trick kedelapan dan terakhir Liga Champions. Itu terjadi dalam pertandingan penyisihan grup melawan PSV Eindhoven di kompetisi Liga Champions musim 2018-19.

Baca Juga: Diisukan diganti, ini kandidat kuat calon pengganti Zinedine Zidane di Real Madrid

Rekor Lionel Messi di Liga Champions

3. Cetak 50 gol di Fase Knock out Liga Champions

Selama karir gemilangnya di Barcelona, terutama di Liga Champions, Lionel Messi telah mencetak 47 gol di babak sistem gugur kompetisi. Ini adalah penghitungan yang hanya dilampaui oleh satu pemain lain yakni Cristiano Ronaldo (67 gol).

Musim ini, Lionel Messi memperpanjang rekornya sendiri dengan mencetak gol melawan tim ke-36 di Liga Champions.

Jika Messi mencetak tiga gol lebih banyak di babak sistem gugur Liga Champions 2020-21, Leo akan menjadi pemain pertama setelah Cristiano Ronaldo yang mencapai rekor 50 gol di tahap kompetisi tersebut.

Namun, mengingat kembalinya hanya dua gol di babak sistem gugur Liga Champions musim lalu, jauh dari kemungkinan torehan tersebut akan dipecahkan oleh Leo Messi.

Baca Juga: Jelang duel Juventus vs Barcelona, Ronaldo masih positif Covid-19

4. Pemain keempat dengan 150 penampilan di pertandingan Liga Champions

Dengan 144 penampilan di turnamen Liga Champions dari penyisihan grup hingga partai final, Lionel Messi adalah pemain dengan penampilan terbanyak kelima dalam sejarah kompetisi.

Jika kapten Barcelona itu menambah enam penampilan lagi di Liga Champions 2020-21, Messi akan bergabung dengan daftar pemain yang tampil di 150 pertandingan Liga Champions

Kini hanya Iker Casillas (177), Cristiano Ronaldo (170) dan legenda Barcelona Xavi Hernandez (151) yang tampil di lebih banyak pertandingan Liga Champions dari Lionel Messi.

5. Pemain kedua yang memenangkan lima gelar Liga Champions

Lionel Messi memenangkan gelar Liga Champions keempat dan terakhirnya pada edisi kompetisi musim 2014-15, ketika Barcelona menjadi klub pertama yang memenangkan treble terbanyak.

Namun, hingga kini, Lionel Messi dan Blaugrana masih berjuang keras untuk memperoleh gelar Liga Champions selanjutnya. Musim lalu, Barcelona tersandung di babak perempat final Liga Champions dengan kekalahan 2-8 melawan Bayern Munich.

Namun, jika klub Catalan itu berhasil meraih gelar Liga Champions, Lionel Messi akan bergabung dengan Cristiano Ronaldo. Messi berpeluang menjadi satu-satunya pemain yang memenangkan lima gelar dalam kompetisi berformat UEFA Champion League.

Selanjutnya: Bakal segera bergulir, ini daftar pelatih dengan gelar Liga Champions terbanyak

Editor: Bimo Kresnomurti


Terbaru