Ini dia ciri khas dari taman bergaya jepang yang penuh makna dan filosofi

Kamis, 11 November 2021 | 14:00 WIB   Reporter: Kania Paramahita
Ini dia ciri khas dari taman bergaya jepang yang penuh makna dan filosofi

KONTAN.CO.ID - Selain desain eksterior dan interior rumahnya, hal lainnya yang menarik dari rumah-rumah bergaya Jepang adalah keberadaan taman yang memiliki desain khas.

Jika Anda akrab dengan kebudayaan Jepang, pasti Anda sudah pernah melihat wujud taman bergaya Jepang ini. Dilansir dari bhg.com, desain taman Jepang banyak mengambil inspirasi dari kebudayaan Buddha, Shinto, dan Taoisme yang penuh dengan filosofi.

Dengan elemen alami berupa air, batu, dan tanaman yang ditata secara sederhana, taman bergaya Jepang memang identik dengan kesan zen dan damai. Oleh karena itu, tidak heran banyak yang menggemari penampilan taman ala Jepang.

Apakah Anda termasuk orang yang menggemari penampilan taman ala Jepang? Jika ya, yuk ketahui lebih jauh tentang ciri khas dan makna-makna di balik setiap elemennya. Dilansir dari Japan Guide, berikut penjelasannya untuk Anda.

Baca Juga: Harga mobil bekas Toyota Camry sudah di bawah Rp 100 juta per November 2021

Batu, kerikil, dan pasir

Prinsip utama dari taman Jepang sebenarnya adalah menciptakan miniatur dari lansekap yang ada di alam. Nah, salah satu elemen utama yang wajib ada di taman Jepang untuk membantu menciptakan tampilan tersebut adalah batu, kerikil, dan pasir.

Sejak dulu, batu merupakan elemen yang penting dalam kebudayaan Jepang. Penggunaan batu besar dalam taman Jepang menyimbolkan gunung dan bukit, menjadi aksen dekoratif, serta menjadi material untuk jembatan dan jalan setapak.

Sementara itu, pada taman batu khas Jepang, batu-batu dengan beragam ukuran disusun untuk membentuk lansekap yang menarik. Misalnya, batu-batu besar menggambarkan gunung, pulau, dan air terjun, sementara kerikil dan pasir dibentuk menyerupai arus air.

Kolam, sungai, dan pancuran

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by min (@mins_photos)

Selain batu, elemen air juga penting dalam taman Jepang. Elemen air ini bisa hadir dalam bentuk kolam, sungai, atau pancuran sederhana.

Khusus untuk kolam, biasanya pemilik taman memilih untuk memelihara ikan koi di dalamnya untuk memberi tambahan “nyawa” dan warna ke dalam taman yang didominasi warna-warna hijau, coklat, dan abu-abu. Pada taman batu atau dry garden, keberadaan air ini digantikan oleh kerikil dan pasir.

Baca Juga: 3 Cara sederhana terbukti cegah gula darah tinggi, minum air putih lebih banyak

Editor: Kania Paramahita
Terbaru