CLOSE [X]
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Ini dia lima spot menarik untuk menikmati keelokan Danau Toba dari ketinggian


Minggu, 08 September 2019 / 07:00 WIB

Ini dia lima spot menarik untuk menikmati keelokan Danau Toba dari ketinggian
ILUSTRASI.


KONTAN.CO.ID - Memandang keindahan Danau Toba, jelas tidak cukup dari satu titik saja. Selain dengan menyisir tepian danau, Anda juga bisa mencoba sensasi menikmati keelokannya dari ketinggian.

Sebut saja, Geosite Huta Ginjang. Objek wisata untuk melihat Danau Toba dari ketinggian ini berada di Desa Huta Ginjang, Kecamatan Muara, Kabupaten Tapanuli Utara.

Menurut Binhot Aritonang, Kepala Dinas Pariwisata Tapanuli Utara, kawasan Huta Ginjang saat ini lebih tertata rapi sejak Pemerintah Tapanuli Utara menambah beberapa fasilitas, seperti ruang informasi dan toilet. "Kami menata kembali Huta Ginjang tahun 2017 ," ujarnya.

Lalu ada Panatapan Bakkara di Kabupaten Humbang hasundutan yang menyajikan pemandangan Lembah Bakkara berlatar Danau Toba nan cantik. “Dinasti Sisingamangaraja juga ada di Bakkara,” ujar Hotman Hutasoit, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Humbang Hasundutan.

Baca Juga: Melihat dari dekat sentra pembuatan kopi Lintong (bagian 1)

Nah, awal Agustus lalu, Tim KONTAN Jelajah Ekonomi Pariwisata 2019 menyambangi lima spot sangat menarik untuk menikmati keelokan Danau Toba dari ketinggian. Berikut lima spot yang bisa menjadi bahan referensi Anda saat berlibur ke kawasan bekas kaldera super vulkan ini:

Menara Pandang Tele

Menara Pandang Tele jadi salah satu spot terbaik untuk menikmati eksotisme Danau Toba. Lokasi menara yang berdiri sejak 1988 silam ini berada di Kecamatan Harian, Kabupaten Samosir.

Dari Pangururan, Ibu Kota Samosir, jaraknya sekitar 45 menit perjalanan darat. Jalan menuju ke Menara Pandang Tele yang merupakan bangunan bertingkat empat menanjak dan berkelok-kelok.

Harga tiket masuk ke Menara Pandang Tele sebesar Rp 7.000 per orang. Lantai dua bangunan memiliki balkon yang luas, cocok banget buat swafoto alias selfie berlatar Danau Toba dan perbukitan di sekitarnya.

Baca Juga: Melihat dari dekat sentra pembuatan kopi Lintong (bagian 3)

Bukan cuma Danau Toba nan cantik yang tampak dari Menara Pandang Tele, Anda bisa melihat penampakan Bukit Holbung dan Air Terjun Efrata, misalnya.

"Pemandangan di sini bagus, kalau bisa bangunannya dibuat lebih tinggi," ujar Roni Handaka, pengunjung asal Jakarta, kepada Tim KONTAN Jelajah Ekonomi Pariwisata 2019.

Tak jauh dari Menara Pandang Tele terdapat bangunan modern dua lantai. Gedung berstandar internasional dan ramah lingkungan ini dibangun Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Di lantai dua bangunan tersebut terdapat area seluas 214 m² berupa rumah kaca yang berfungsi sebagai restoran. Fasilitas tempat istirahat atawa rest area ini lengkap dengan instalasi pengolahan air dan air limbah sehingga ramah lingkungan.


Reporter: Agustinus Respati, Ratih Waseso, SS. Kurniawan
Editor: S.S. Kurniawan
Video Pilihan

Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0004 || diagnostic_api_kanan = 0.0006 || diagnostic_web = 0.1683

Close [X]
×