Ini skenario radikal yang disiapkan UEFA jika Liga Champions bergulir

Rabu, 20 Mei 2020 | 09:58 WIB Sumber: Kompas.com
Ini skenario radikal yang disiapkan UEFA jika Liga Champions bergulir

ILUSTRASI. UEFA targetkan Liga Champions selesai pada musim panas tahun ini


LIGA CHAMPIONS - JAKARTA. UEFA mempertimbangkan beberapa skenario radikal untuk memastikan Liga Champions 2019-2020 bisa diselesaikan paling lambat pada musim panas ini. 

Marca melaporkan, rencana UEFA yang tampak akan diterapkan adalah memulai kembali kompetisi antar klub Eropa pada 2 Agustus dengan menyelesaikan babak 16 besar Liga Europa. 

Babak 16 besar Liga Champions kemudian akan bergulir satu pekan setelah itu. Sepanjang dua pekan setelahnya, tim-tim akan memainkan partai perempat final dan semifinal sebanyak dua laga per minggu dengan setiap partai berlangsung dua leg seperti sebelum pandemi. 

Baca Juga: Usai dikarantina, Christiano Ronaldo kembali berlatih bersama Juventus

Final Liga Champions akan dipertandingkan pada 26 Agustus dengan partai pamungkas Liga Europa berlangsung tiga hari sebelumnya. 

Namun, Marca menyebut bahwa UEFA juga memiliki opsi radikal untuk mempersingkat Liga Champions dengan laga-laga perempat final yang berlangsung satu leg. Partai semifinal dan final bakal dipertandingkan dengan format "final four" di Istanbul. 

Pertandingan-pertandingan tetap bakal dimainkan di belakang pintu tertutup dengan klub-klub tampak sangat ingin menghindari bepergian lintas negara di tengah krisis virus corona. 

Salah satu hambatan dari rencana UEFA mempersingkat kompetisi adalah tantangan dari pihak penyiar yang disinyalir tak ingin melihat jumlah partai berkurang. 

Baca Juga: Wah, pembekuan Liga Italia diperpanjang hingga 14 Juni 2020

Keputusan akhir mengenai Liga Champions dan Liga Europa sedarinya diambil di pertemuan Executive Commitee UEFA pada 25 Mei. Namun, rapat Exco tersebut diundur menjadi 17 Juni 2020. 

Pada kesempatan tersebut, UEFA juga akan menentukan ke-12 venue yang bakal menggelar Piala Eropa 2020 pada musim panas 2021. (Firzie A. Idris)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "UEFA Pertimbangkan 'Final Four' Liga Champions di Istanbul".

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari

Terbaru