Close | x
kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |
  • USD/IDR14.578
  • SUN95,67 0,00%
  • EMAS656.000 -0,46%

Ini strategi Kempar untuk menggaet pasar milenial

Jumat, 02 November 2018 / 21:54 WIB

Ini strategi Kempar untuk menggaet pasar milenial
ILUSTRASI. Menteri Pariwisata Arief Yahya

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Pariwisata menyiapkan strategi khusus untuk menggarap pasar pariwisata untuk kaum milenial yang cukup potensial.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, salah satu strategi dalam merebut pasar wisatawan milenial dengan membuat destinasi menjadi lebih dekat dan lebih murah bagi para milennial. “Ini menjadi tugas bersama untuk mengalokasikan sumber daya dalam merebut pasar wisatawan milenial,” ujarnya dalam keterangan pers Jumat (2/11).


Ia bilang dalam merebut pasar wisatawan milenial sangat berbeda dengan wisatawan pada umumnya karena wisatawan kalangan muda tersebut sangat digital dan mereka lebih menyukai destinasi-destinasi yang menjadi trending topic. "Kalau Genpi (Generasi Pesona Indonesia) memuat konten tentang destinasi digital, pasti trending topic. Hal tersebut dikarenakan mereka memenuhi kebutuhan para milenial. Mereka punya kebutuhan untuk diakui, maka sering datang ke tempat yang jarang didatangi," ujarnya.

Menurutnya digital sangat personal karena itu tidak relevan kalau masih disegmentasi. Ukuran dan kekuatan para milenial sangat besar, karena mereka speak up di digital. Karena itu perlu strategi khusus dalam mengejar pasar milenial.

“Bila selama ini kami fokus membuat produk, kini kami membuat portofolio customer. Portofolio bisnis itu terdiri dari portofolio customer yang masuk dalam strategi marketing, kalau portofolio produk masuk dalam taktik marketing yang lebih kecil perannya. Misalnya membuat hot deals khusus Milenial, atau cross border khusus Milenial,” kata Arief.
 
Sementara itu Deputi Bidang Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kempar Rizky Handayani mengatakan, wisatawan milenial akan terus tumbuh dan menjadi pasar utama. Tahun 2019 lebih dari 50% pasar pariwisata Indonesia sudah didominasi milenial.  

Pasar pariwisata Asia didominasi wisatawan millennial berusia 15-34 tahun mencapai 57%. Generasi milenial  di China mencapai 333 juta orang, Filipina 42 juta, Vietnam 26 juta, Thailand 19 juta, sedangkan Indonesia 82 juta orang.

“Jumlah milennial  Indonesia yang besar itu membuat  banyak negara, seperti Korea dan Jepang, mulai menyasar pasar milenial Indonesia. Kita tidak boleh kecolongan dalam mengantisipasi potensi wisatawan milennial tersebut,” pungkasnya.

Reporter: Sugeng Adji Soenarso
Editor: Herlina Kartika

Video Pilihan

TERBARU
Seleksi CPNS 2018
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2018 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0004 || diagnostic_api_kanan = 0.0665 || diagnostic_web = 0.4201

Close [X]
×