Inilah 5 cara mencegah kucing BAB di kebun

Kamis, 06 Agustus 2020 | 14:53 WIB Sumber: Kompas.com
Inilah 5 cara mencegah kucing BAB di kebun

ILUSTRASI. Inilah 5 cara mencegah kucing BAB di kebun.


HEWAN PELIHARAAN - Jakarta. Hewan kucing menjadi peliharaan banyak orang. Namun yang sering bikin jengkel adalah kucing suka buang kotoran di halaman. Bagaimana cara mencegah agar kucing tidak BAB di kebun atau halaman rumah?

Bagi sebagian orang, kucing memang hewan yang lucu dan menggemaskan. Namun saat ia buang hajat di halaman yang baru saja kamu rapikan, ini bisa menjadi masalah.

Baca juga: Harga mobil Avanza, Ertiga, Xpander, Mobilio dll diskon hingga Rp 15 juta per Agustus

Meskipun hanya sedikit, kotoran kucing menimbulkan bau yang tidak sedap, bahkan dapat merusak taman dan membuat kotor. Ditambah lagi, kucing adalah karnivora, sehingga kotorannya dapat mengandung parasit atau patogen yang tidak terdapat dalam kotoran herbivora.

Ini juga mengkhawatirkan karena sebagian besar dari kita berencana untuk makan sayur yang kita tanam, sehingga dapat menjadi masalah bagi mereka yang menanam produk mereka sendiri seperti sayuran dan buah-buahan.

Jika kucing liar atau kucing tetangga secara konsisten menggunakan kebunmu untuk buang air besar (BAB), kamu bisa menggunakan beberapa cara untuk mencegah kucing BAB di kebun:

1. Ubah lingkungan Kucing menyukai permukaan yang lembut;

Tanah yang gembur dan tanaman lunak sangat menarik bagi kucing. Karenanya, coba tutupi tanah kebun tempat kucing sering BAB itu dengan beberapa benda, seperti batu, atau ranting pohon yang ditancapkan di sekitar tanah tanaman.

Kamu juga bisa menggunakan kerucut pinus atau hiasan taman berduri lainnyaa di sekitar tanaman untuk mencegah kucing BAB di kebun. Mulsa batu, cangkang telur, atau tusuk sate juga bisa kamu tancapkan di sekitar tanaman untuk menghalangi kucing BAB di dekat tanaman.

2. Berinovasi dengan bau

Kucing tidak menyukai bau pohon rue atau daun inggu, lavender dan penny royal (tanaman nyamuk), atau tumbuhan coleus canina, dan lemon thyme. Tanam beberapa tanaman yang sesuai dengan iklimnya di antara tanaman buah dan sayur milikmu.

Selain menghalau kucing, tanaman ini dapat menarik penyerbuk dan serangga menguntungkan lainnya juga. Kucing juga membenci jeruk, jadi kulit buah jeruk dan sejenisnya akan membantu mencegah kucing BAB di kebun.

Ada juga beberapa pengusir kucing komersial yang meniru bau urin predator, tetapi pastikan apa pun yang kamu beli tidak beracun untuk memastikan tidak ada tanaman atau hewan yang terluka.

Simak petunjuk lain cara mencegah kucing BAB di kebun di halaman selanjutnya

Editor: Adi Wikanto

Terbaru