HOME

Inilah 5 strategi menjaga dan mengembangkan bisnis di era pandemi

Selasa, 13 Oktober 2020 | 04:31 WIB Sumber: Kompas.com
Inilah 5 strategi menjaga dan mengembangkan bisnis di era pandemi

ILUSTRASI. Bagaimana strategi untuk tetap bertahan sekaligus bisa berkembang di era pandemi ini? KONTAN/Carolus Agus Waluyo/23/02/2019.

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pandemi Covid-19 berdampak buruk bagi semua sendi kehidupan. Perekonomian dunia pun mati-matian berjuang untuk bisa bergerak. Jutaan bisnis berjuang melawan keterpurukan dan ekonomi anjlok setiap hari. Di berbagai belahan dunia hampir semua sektor ekonomi terpukul. 

Tak terkecuali di Indonesia, tidak sedikit sektor yang sangat terpukul lantaran tidak adanya omzet. Khususnya para pelaku usaha bisnis, banyak yang mengalami penurunan omzet yang mengharuskan mereka untuk gulung tikar. 

Bagaimana strategi untuk tetap bertahan sekaligus bisa berkembang di era pandemi ini? 

Mengutip The Business Standard, Selasa (22/9/2020), berikut 5 cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan bisnis selama pandemi. 

1. Diskon dan penawaran gratis 

Cara ini mungkin terdengar berlawanan bagi beberapa orang, tapi jelas cara ini bisa Anda lakukan. Misalnya saja seperti aplikasi Zoom, saat ini tidak ada yang tidak mengenal aplikasi ini. Sejak masa pandemi penggunanya telah melonjak dari 10 juta orang menjadi 200 juta hanya dalam beberapa Minggu. 

Baca Juga: Resesi ekonomi di depan mata, yuk siapkan dana darurat dengan cara ini

Zoom memberikan penawaran gratis dan memang mereka tidak memperoleh keuntungan, tapi yang pasti perusahaan Zoom akan menghasilkan ribuan prospek baru dan pelanggan akan kembali membeli dalam beberapa hari mendatang. 

Entrepreneur.com dalam surveinya menemukan bahwa 30 persen adalah angka ajaib yang menarik pelanggan. Bahkan perusahaan e-commerce berbasis Fahsion, menghasilkan tanggapan yang memuaskan dengan menawarkan pengiriman gratis dan diskon di saat krisis ini. 

Jadi setiap bisnis perlu mencari tahu bagian mana produk atau layanan yang ditawarkan secara gratis atau dengan harga diskon. 

Baca Juga: Ingin keluar dari jeratan utang dengan cepat? Ikuti 7 langkah ini

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie


Terbaru