Jangan sampai kedaluwarsa! Masa berlaku SIM bukan lagi berdasarkan tanggal lahir

Jumat, 21 Mei 2021 | 07:12 WIB Sumber: Kompas.com
Jangan sampai kedaluwarsa! Masa berlaku SIM bukan lagi berdasarkan tanggal lahir

ILUSTRASI. Dahulu, masa berlaku SIM berdasarkan dari tanggal lahir pemiliknya. Namun sekarang sudah berubah. Tribunnews/Jeprima

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Seperti yang kita ketahui bersama, Surat Izin Mengemudi (SIM) memiliki masa berlaku lima tahun. Dahulu, masa berlaku ini berdasarkan dari tanggal lahir pemiliknya. Namun sekarang sudah berubah. 

Perubahan ini berdasarkan surat telegram Korlantas Nomor ST/2664/X/Yan.1.1/2019, di mana masa kedaluwarsa dari SIM kini bergantung pada tanggal percetakan. 

"Sesuai dengan ketentuan, masa berlaku SIM ialah lima tahun sejak diterbitkan, bukan berdasarkan tanggal lahir lagi," ujar Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dihubungi Kompas.com belum lama ini.

Walaupun ada perubahan, masa berlaku SIM tetap lima tahun sebagaimana aturan di Peraturan Kapolri (Perkap) Nomor 9 Tahun 2012 terkait masa berlaku SIM.

Baca Juga: Umur berapa seseorang boleh memiliki SIM? Simak informasinya

Adapun aturan atau ketentuan pada Perkap tersebut mulai diberlakukan sejak Oktober 2019. Maka, aturan perpanjangan SIM yang saat ini berlaku pada tanggal pencetakannya. 

"Betul, tidak dilihat dari tanggal lahir, tapi tergantung kapan dicetaknya, masa berlakunya tetap sama, lima tahun," ucapnya.

Oleh karenanya, pemilik kendaraan yang memiliki SIM harus kembali teliti dalam mengingat kapan dokumen wajib tersebut dicetak karena tanggal lahir tak lagi dapat menjadi patokan dalam memperpanjang SIM. 

Baca Juga: Sudah tahu SIM Anda bisa dicabut oleh petugas? Ini informasinya

Kemudian jika ingin melakukan perpanjangan SIM, sebaiknya jangan tunggu tanggal masa berlaku habis. Sebab, melakukan perpanjangan SIM bisa dilakukan beberapa minggu sebelum tanggal masa berlakunya habis. 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru