Jauhi 10 Aplikasi Android Palsu Ini, Diam-Diam Telah Merugikan Ratusan Ribu Pengguna

Selasa, 22 Maret 2022 | 09:37 WIB Sumber: Phone Arena
Jauhi 10 Aplikasi Android Palsu Ini, Diam-Diam Telah Merugikan Ratusan Ribu Pengguna

ILUSTRASI. Jauhi 10 Aplikasi Android Palsu Ini, Diam-Diam Telah Merugikan Ratusan Ribu Pengguna


APLIKASI ANDROID - Jauhi 10 aplikasi android ini, diam-diam telah merugikan ratusan ribu pengguna. Cek HP Anda, berikut daftar 10 aplikasi Android yang menipu penggunanya.

Untuk mendapatkan keamanan dan kenyamanan di dunia maya sepertinya tidak semudah itu. Bahkan sesuatu yang kita pikir aman saat diakses lewat internet, mungkin saja tidak seratus persen aman.

Sama halnya dengan temuan beberapa aplikasi Android yang justru menipu penggunanya. Bahkan beberapa aplikasi Android ini cenderung membahayakan pengguna, mulai dari mencuri data pribadi, hingga tabungan pengguna melalui akun perbankan yang terpasang di HP.

Ini adalah ulah oknum yang tidak bertanggung jawab dengan memasang malware di beberapa aplikasi Android palsu. Alih-alih memasang aplikasi Android karena fungsinya yang meringankan pengguna.

Ternyata justru berujung data pribadi hingga tabungan pengguna yang menjadi ancaman. 

Mengutip dari Phone Arena (22/03/2022), pakar keamanan siber Doctor Web dan situs Bleeping Computer melaporkan temuannya atas aplikasi yang berbahaya ini. Diketahui aplikasi Android yang berbahaya ini diciptakan oleh perusahaan palsu atas nama "Tsaregorotseva". 

Perusahaan palsu ini telah merilis aplikasi Android lewat Google Play Store dengan nama Top navigation dan Advice Photo Power. Mirisnya lagi, aplikasi tersebut telah dipasang mulai dari 100 ribu hingga 500 ribu pengguna di seluruh dunia. 

Artinya, ratusan ribu penggunanya mungkin telah menjadi korban dari aplikasi Android palsu ini. Berkedok sebagai aplikasi ala Google Map yang dapat menunjukkan lokasi dan aplikasi edit foto, ratusan ribu penggunanya ini termakan taktik penipuan dan iklan palsu.

Aplikasi tersebut menggunakan nama yang mungkin diincar oleh pengguna karena fitur yang mereka cari. Setelah itu, aplikasi akan bertindak secara diam-diam membuat penggunanya berlangganan layanan palsu tanpa sepengetahuan dari rekening bank setiap minggu.

Menurut peneliti dari Dr. Web, tidak hanya satu atau dua aplikasi Android berbahaya yang ditemukan di Google Play bulan Januari lalu. Aplikasi berbahaya itu mengancam penggunanya tidak hanya mengambil uang penggunanya secara diam-diam. Tetapi juga mencuri informasi pribadi, kata sandi atau password, nomor telepon, dan bahkan akun Facebook.

Baca Juga: FF X BTS: Para Idol Main Bareng, Joget Ala Emot Free Fire, Hingga Mendesain Kostum

Editor: Arif Budianto

Terbaru