Sport

Juara Liga Inggris, inilah hadiah uang yang didapat Liverpool

Rabu, 29 Juli 2020 | 23:44 WIB   Reporter: Markus Sumartomdjon
Juara Liga Inggris, inilah hadiah uang yang didapat Liverpool

Kapten Jordan Henderson dan tim Liverpool saat merayakan juara Liga Inggris. Liverpool mendapat hadiah uang terbanyak sebagai jawara Liga Inggris. REUTERS

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Seperti biasanya, pemenang atau juara pasti mendapat  hadiah yang pantas. Kalau dari sisi nilai, pastilah yang paling besar. Begitu juga dengan Liverpool yang menjadi juara Liga Inggris untuk musim kompetisi 2019-2020 dan merasakan kembali dahaga juara Liga Inggris dalam bentuk Liga Premier setelah 30 tahun, dipastikan bakal mendapat hadiah uang paling banyak diantara 20 klub  yang berlaga di Liga Inggris.

Dalam ajang tersebut, Liverpool mengakhiri kompetisi dengan meraup nilai 99 poin. Perolehan poin tersebut adalah yang terbanyak sepanjang keikutsertakan Liverpool di Liga Inggris yang sudah mengoleksi 19 kali juara Liga Inggris.

Baca Juga: Pesta penantian 30 tahun Liverpool saat angkat trofi Liga Inggris

Nah, menurut proyeksi dari ahli keuangan Swiss Ramble, seperti dilansir Liverpool Echo, sebagai juara Liga Inggris, Liverpool bakal mendapat total hadiah uang sebesar £ 175 juta. Hasil tersebut ternyata lebih besar dari yang diraih oleh Manchester  City kala menjuarai Liga Inggris tahun lalu dengan perolehan hadiah total sebesar £150 juta.

Baca Juga: Corona, hadiah uang Liga Inggris bagi Liverpool dan klub lainnya terpangkas

Meski mengalami kenaikan, sejatinya hadiah uang yang diraih Liverpool tersebut mengalami penurunan, akibat pandemi. Di Saat pandemi, pertandingan Liga Inggris sempat ditunda, dan setelah berjalan nihil penonton. Padahal, menurut hitungan Forbes, saat awal Liga Inggris ini bergulir di awal musim 2019-2020, total hadiah yang bakal dibagikan kepada 20 klub  yang terlibat ditaksir mencapai £ 2,46 miliar, dengan hadiah terbesar diperkirakan sebesar  £185 juta.

Lantas, seperti apa rincian hadiah yang bakal The Kop, julukan Liverpool, bawa pulang? Swiss Ramble memprediksi, untuk hadiah sebagai juara Liga, Liverpool mendapat £ 35,5 juta, kemudian £ 32 juta dari pembagian hadiah sama besar untuk peserta Liga Inggris (20 klub) dan £ 5 juta dari pendapatan komersial Liga Inggris. Pendapatan ini belum termasuk dari siaran internasional.

Tahun lalu, Liverpool meraup  £ 152 juta  sebagai runner up Liga Inggris. Jumlah hadiah lebih banyak dari Manchester City berkat pundi-pundi dari pendapatan hak siar internasional.

Editor: Markus Sumartomjon


Terbaru