Kapankah aturan pencabutan SIM mulai berlaku?

Senin, 07 Juni 2021 | 09:23 WIB Sumber: Kompas.com
Kapankah aturan pencabutan SIM mulai berlaku?

ILUSTRASI. Belum lama ini, Polri merilis aturan baru mengenai penerbitan dan penandaan Surat izin Mengemudi (SIM). ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/wsj.


SURAT IZIN MENGEMUDI - JAKARTA. Belum lama ini, Kepolisian Republik Indonesia (Polri) merilis aturan baru mengenai penerbitan dan penandaan Surat izin Mengemudi (SIM). Salah satu yang menarik adalah sistem poin pelanggaran yang akan diterapkan. 

Berdasarkan Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Perpol) Nomor 5 Tahun 2021, jika akumulasi poin pelanggar sudah mencapai 18 poin, SIM bisa dicabut. 

Harapannya, dengan menggunakan sistem poin pelanggaran, pengguna jalan bisa lebih tertib dan disiplin. Mengingat proses untuk membuat SIM cukup panjang dan ada masa waktu jika SIM dicabut untuk bisa membuat yang baru.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Sambodo Purnomo Yogo, mengatakan, pihaknya saat ini masih menunggu keputusan dari Korlantas terkait kapan mulai diberlakukannya penandaan SIM tersebut. 

Baca Juga: Kepemilikan SIM seseorang bisa dicabut! Simak aturannya

“Ini nanti tentu kita akan tunggu kebijakan dari pihak Korlantas,” ujar Sambodo, dikutip dari laman NTMC Polri, belum lama ini. 

Menurut Sambodo, penandaan SIM dengan sistem poin ini bisa meningkatkan kedisiplinan masyarakat dalam berkendara. Setidaknya mereka harus berpikir beberapa kali sebelum melakukan pelanggaran. 

“Dengan adanya penandaan SIM itu orang akan semakin berhati-hati dalam berkendara disiplin, karena dia cuma punya tiga kali. Tiga kali ditilang, selesai, SIM-nya dicabut,” kata dia. 

Baca Juga: Sudah saatnya Indonesia terapkan aturan cabut SIM, siapa setuju?

Sambodo juga mengatakan, adanya sanksi pencabutan SIM atas pelanggaran berkali-kali dinilai dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam tertib berlalu lintas. 

“Ketika SIM sudah ditandai orang kan berhati-hati pelanggaran pertama, pelanggaran kedua, pelanggaran ketiga mungkin pelanggaran keempat sudah bisa dicabut SIM-nya. Sehingga orang akan berhati-hati kalau sekarang kan melanggar berkali-kali kan agak sulit,” ucapnya.  

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kapan Aturan Pencabutan SIM Mulai Berlaku?"
Penulis : Muhammad Fathan Radityasani
Editor : Aditya Maulana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

Terbaru