Kembaran Suzuki Ertiga versi mobil Toyota bakal meluncur tahun ini

Kamis, 27 Mei 2021 | 12:57 WIB Sumber: Gaadi Waadi
Kembaran Suzuki Ertiga versi mobil Toyota bakal meluncur tahun ini

ILUSTRASI. Kembaran Suzuki Ertiga versi mobil Toyota bakal meluncur tahun ini.


MOBIL TOYOTA - NEW DELHI. Suzuki Ertiga dalam balutan mobil Toyota siap meluncur pada paruh kedua tahun ini. Rencana ini merupakan kongsi Toyota dan Suzuki di India.

Sebelumnya, kerjasama Suzuki dan Toyota telah meluncurkan Glanza dan Urban Cruiser di India. Kini, kedua pabrikan mobil itu sedang berupaya untuk memperkenalkan produk ketiganya dalam wujud Suzuki Ertiga.

Ruang MPV terus bertambah dan yang terbaru dari mobil Toyota adalah Innova dan Vellfire. Namun, Vellfire adalah MPV mewah yang tidak terjangkau oleh sebagian besar orang.

Bocoran awal telah beredar tentang perbedaan Ertiga dari versi Suzuki dan Toyota yang akan datang.

Baca Juga: Cari harga mobil bekas Rp 100 juta? Ada Suzuki Ertiga generasi ini

Maruti Suzuki India akan rilis versi mobil Toyota dari Suzuki Ertiga

Mengutip dari Gaadi waadi, bagian dari kesepakatan global antara Toyota dan Suzuki, kedua produsen mobil Jepang ini bersiap untuk merilis secara global.

Kerjasama itu sejauh ini menghasilkan dua produk Maruti Suzuki yang digunakan oleh Toyota Kirloskar Motor. Tercatat, baru dua produk: Toyota Glanza dan Urban Cruiser, masing-masing berbasis Maruti Suzuki Baleno dan Vitara Brezza.

Karena mobil tersebut akan dipasok ke Toyota oleh Suzuki, jelas akan mengacu pada platform Heartect yang sama dengan mobil donor.

Baca Juga: Bocoran terbaru mobil Kia KY, MPV yang siap dobrak dominasi Ertiga dan Innova

Selain itu, tidak ada perubahan pada desain mobil Toyota dari Suzuki Ertiga secara keseluruhan. Namun, versi Toyota bisa menampilkan gril depan yang didesain ulang, serta desain kain baru untuk jok.

Tidak lupa, logo Suzuki yang diganti dengan logo Toyota.

Tenaga mesin mobil akan sama dengan mesin bensin 1,5 liter yang melakukan tugas pada Toyota Urban Cruiser. Mesin khusus ini menghasilkan tenaga maksimum 105 horsepower dan torsi puncak 138 Nm. 

Kemungkinan versi mobil Toyota dari Suzuki Ertiga akan ditawarkan dengan transmisi manual 5-percepatan, serta CVT 4-percepatan.

Maruti Suzuki India akan rilis versi mobil Toyota dari Suzuki Ertiga

Baca Juga: Ada perluasan relaksasi PPnBM, ini daftar lengkap 29 tipe kendaraan yang dapat diskon

Mobil Toyota akan membawa fitur dan spesifikasi interior dan eksterior Maruti Suzuki Ertiga. Sehingga, ini memungkinkan ada persaingan sehat antara keduanya.

Fitur keselamatan yang ditawarkan dengan versi mobil Toyota dari Ertiga cukup lengkap. Misalnya, airbag depan ganda, ABS dengan EBD, jangkar kursi anak ISOFIX, dan sensor parkir mundur. Varian otomatis juga mendapatkan ESP dan hill hold assist. 

Saat ini, harga Maruti Suzuki Ertiga antara Rs 7,59-10,13 lakh atau sekitar Rp 150 juta hingga 200 jutaan.

Oleh karena itu, versi mobil Toyota dari Suzuki Ertiga juga memiliki harga yang sama. Meski begitu, mobil suzuki Ertiga berencana Toyota akan terus menyaingi Maruti Suzuki XL6, serta mobil donornya, Maruti Ertiga di India.

Selanjutnya: Mobil Toyota Fortuner generasi terbaru bakal mengaspal 2022, ada varian hybrid?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru