CLOSE [X]

Kolaborasi Flash Coffee dan Saladstop Tekankan Peran Nutrisi Bagi Kesehatan Mental

Sabtu, 29 Januari 2022 | 18:55 WIB   Reporter: Noverius Laoli
Kolaborasi Flash Coffee dan Saladstop Tekankan Peran Nutrisi Bagi Kesehatan Mental

ILUSTRASI.  Flash Coffee, salah satu rantai kedai kopi di Indonesia.


KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Flash Coffee, salah satu rantai kedai kopi dengan angka pertumbuhan paling pesat di Indonesia, berkolaborasi dengan restoran makanan sehat Saladstop untuk menyatakan pentingnya menjaga pola makan sehat sebagai upaya menjaga kesehatan mental.

Isu kesehatan mental, khususnya depresi dan kecemasan, menjadi kian ramai dibicarakan sebagai dampak dari sejumlah kondisi sosial, diantaranya: pandemi berkepanjangan, serta banjir informasi digital. Konseling, terapi dan olahraga sudah menjadi cara-cara lazim untuk menjaga kesehatan mental.

Yang tak kalah penting, namun jarang dibicarakan, adalah peran asupan nutrisi dan higienitas dalam menjaga mental health. Banyak hasil riset menunjukkan bahwa mereka yang tidak mengikuti pola makan sehat lebih rentan terhadap gangguan kesehatan mental dibanding mereka yang menjaga asupan nutrisi.

Baca Juga: Sambut hari kopi internasional, Flash Coffee hadirkan kopi Ciwidey

Ahli nutrisi dan konsultan kesehatan, Ledyan, mengatakan, menjalani pola makan sehat sebenarnya cukup mudah dan banyak manfaatnya bagi kesehatan mental. Ia mengambil contoh seperti makan secara teratur agar mempunyai energi dan gula darah yang stabil , pikiran akan lebih jernih dan mood akan lebih stabil.

"Pilihlah makanan utuh seperti biji-bijian, kacang-kacangan, lentil, serta buah dan sayuran. Konsumsi juga lemak sehat seperti omega 3 , untuk menjaga struktur sel otak. Karena hasil studi telah membuktikan bahwa Omega 3 dapat mencegah atau mengobati depresi dan gangguan mood lainnya,” kata Ledyan, ahli nutrisi dan konsultan kesehatan dalam rilis Flash Coffee, Sabtu (29/1).

Hubungan higienitas dan kesehatan mental tidak bisa disepelekan. Kegiatan rutin seperti mandi, menyikat gigi dan berolahraga merupakan kegiatan ‘higienitas mental’ yang turut menjaga kesehatan mental kita. Kegiatan higienitas mental bisa mencegah kecenderungan setiap manusia untuk larut dalam renungan, pemikiran yang berfokus pada diri sendiri, serta perasaan-perasaan negatif yang dapat berujung pada gangguan kesehatan mental.

Baca Juga: Kembali hadir di GIIAS 2019, Stanley Black & Decker luncurkan produk polisher anyar

“Situasi pandemi berkepanjangan ini membuat kesehatan mental setiap orang menjadi lebih rapuh. Selain karena mobilitas dan interaksi sosial kita jadi terbatas, kita pun selalu dihantui rasa takut terkena COVID-19. Karena itu, selama dua tahun terakhir, pemakaian masker dan kebiasaan cuci tangan atau penggunaan hand sanitizer menjadi semakin lumrah di kalangan masyarakat. Tanpa disadari, kebiasaan-kebiasaan baru ini turut mendukung higienitas mental kita semua,” kata Anastasia Praditha, Puteri Indonesia Intelegensia 2019 dan perwakilan merk hand sanitizer Antis.

Dialog yang mendalami peranan nutrisi dan higienitas bagi kesehatan mental ini merupakan salah satu wujud kolaborasi dari kemitraan strategis Flash Coffee dan Saladstop! di kawasan Asia Tenggara.

“Kemitraan Flash Coffee dan SaladStop! berangkat dari kesamaan visi kami untuk menyajikan produk berkualitas dan sehat pada generasi muda, dan kami sadar betul bahwa generasi ini lebih kritis dan lebih memperhatikan brand-brand yang dengan tulus ingin menciptakan perubahan. Karena itulah kami sama-sama ingin ikut memperkaya diskursus tentang kesehatan mental, dengan harapan bisa memberi manfaat bagi generasi muda dalam menghadapi tantangan-tantangan hidup era sekarang,” ujar Managing Director Flash Coffee Indonesia, Maxime Chaury.

Baca Juga: Bank Mandiri gencarkan Program Fiestapoin untuk nasabah loyal

“Seperti yang dilakukan sebelumnya di Singapura, SaladStop! dan Flash Coffee membuka gerai bersama di Cilandak Town Square dan menjadi satu-satunya tempat di Jakarta dimana konsumen bisa menikmati kopi murni Indonesia dan makanan sehat berkualitas. Pembukaan gerai terbaru ini menambah deretan panjang kesuksesan SaladStop! semenjak hadir di Indonesia,” kata Kearney Sarwono, General Manager Operations, Nusantara Pasifik Capitalindo (operator tunggal SaladStop di Indonesia).

Didirikan pada tahun 2020, Flash Coffee saat ini beroperasi di Indonesia, Thailand, Singapore, Taiwan, Jepang, Korea Selatan dan Hong Kong. Flash Coffee dimodali oleh Rocket Internet, Delivery Hero, White Star Capital, CX Ventures, Global Founders Capital dan Conny & Co, dan dalam proses menggalang dana
Seri B.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Noverius Laoli

Terbaru