Kucing mengedipkan mata ke manusia, ini artinya

Minggu, 09 Agustus 2020 | 10:00 WIB   Penulis: Arif Budianto
Kucing mengedipkan mata ke manusia, ini artinya


HEWAN PELIHARAAN - Tahukah Anda, kucing mengedipkan mata juga, lo. Tingkah laku seekor kucing memang sangat beragam dan sebagian masih menjad misteri.

Misalnya, kucing mengedipkan mata secara perlahan. Lalu, apa arti dari kedipan mata kucing tersebut?

Mengutip Mental Foss, peneliti kucing di Fakultas Kedokteran Hewan Universitas California, Amerika Serikat (AS), mengatakan, kucing mengedipkan mata sebagai tanda ancaman bagi mereka atau mulai merasakan tidak nyaman.

Menurut peneliti, kucing mengekspresikan emosi negatifnya lewat kontak mata. 

Selain mengedipkan mata, ada beberapa kebiasan menarik kucing seputar matanya. Kucing dapat merepresentasikan kondisi mereka dengan matanya.

Baca Juga: Mengapa kucing suka tidur di wastafel, ya? Begini penjelasannya

Misalkan, kucing mencoba untuk menatap sesuatu yang ada di depannya. Tatapan tersebut berarti sebuah ancaman bagi sesuatu yang ada di depannya. 

Tingkah laku ini berarti sebuah pengamatan seekor kucing terhadap apa yang ada di depannya. Bisa saja, kucing bakal menjadi agresif hingga akhirnya menyerang jika merasa terancam.

Kucing juga bakal mengedipkan matanya tanpa memberikan sinyal apapun maupun kedipan yang perlahan atau cepat. Semua tergantung bagaimana kucing itu merespons apa yang ada di hadapannya.

Tetapi sebaliknya, jika kucing menutup matanya, itu tanda bahwa mereka merasa lebih nyaman dan aman. Coba saja, jika kucing Anda merasa nyaman di dekat Anda maka dia bakal ngusel atau bahkan tidur di dekat situ.

Lalu, apakah kucing bisa merespons kedipan mata manusia saat melakukan kontak mata?

Baca Juga: Inilah 5 cara mencegah kucing BAB di kebun

Para ilmuwan masih sulit memahami hal ini. Tetapi perlu diingat, jika terlalu lama menatap mata kucing, Anda bisa saja menjadi ancaman bagi mereka.

Dan, kucing mengedipkan mata pada dasarnya sebagai bentuk insecure atau rasa tidak aman dengan apa yang ada di sekitarnya. Termasuk, manusia sekalipun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Arif Budianto

Terbaru