kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Kukuh Kumara menyelam di kedalaman 40 meter


Sabtu, 15 Juni 2019 / 13:00 WIB

Kukuh Kumara menyelam di kedalaman 40 meter

KONTAN.CO.ID - Menyelam atawa diving menjadi hobi Kukuh Kumara. Sejak melakoni hobi ini 2014 lalu, dia sudah menyelam di banyak tempat di Indonesia.

Sebut saja, Raja Ampat (Papua Barat), Nabire (Papua), Kakaban (Kalimantan Timur), Tulamben (Bali), Lombok (Nusa Tenggara Barat), dan Kepulauan Seribu (Jakarta).

Bagi Sekretaris Umum Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) ini, menyelam merupakan bentuk lain dari rasa syukur terhadap karunia Tuhan. Soalnya, sebagai manusia yang hidup di darat, ia bisa menikmati keindahan alam bawah laut.

Tentu, Kukuh meluangkan waktu khusus setiap kali menyelam. Paling tidak, dia membutuhkan tempo satu minggu untuk diving ke titik penyelaman yang jauh seperti Papua.

Sedang jika ingin menyelam tapi waktunya singkat, ia akan ke Kepulauan Seribu. “Sabtu atau Minggu bisa langsung ke sana,” katanya.

Menurut Kukuh, hampir semua pulau di Kepulauan Seribu punya spot bagus untuk menyelam. Misalnya, Pulau Pramuka, Tidung, serta Kotok.

Hanya, pengalaman paling berkesannya adalah diving di Nabire. “Bisa melihat whale shark (hiu paus),” ujar dia.

Yang terang, saat akan menyelam, Kukuh mengungkapkan, setiap penyelam harus disiplin dan patuh terhadap standar operasional prosedur (SOP). Ambil contoh, alat menyelam harus lengkap dan selama diving minimal mesti dengan satu teman.

Kukuh mengungkapkan, dirinya pernah menyelam di kedalaman 40 meter. Diving dengan kedalaman 40–50 meter akan memberikan pengaruh besar terhadap tubuh, seperti kecepatan berpikir akan menjadi lambat.

“Jadi, kalau dikasih hitungan sederhana seperti 3+4+2 maka akan lama menjawabnya,” ujar penyandang gelar Ph.D dari Texas A&M University, Texas, Amerika Serikat (AS), ini.

Nah, untuk menjaga kebugaran dan kekuatan tubuh terutama saat menyelam, Kukuh rutin berenang selama satu jam setiap hari. Apalagi, dia berencana diving ke titik-titik penyelaman lain di Indonesia yang belum pernah dirinya kunjungi.

Spot yang jadi bidikan dia berikutnya adalah perairan Pulau Morotai (Maluku Utara) dan Pulau Seram (Maluku). “Indonesia punya pulau-pulau yang bagus untuk diving, sangat sayang untuk dilewatkan,” imbuh Kukuh.  

 


Reporter: Nina Dwiantika
Editor: S.S. Kurniawan
Video Pilihan

TERBARU
Hubungi Kami
Redaksi : Gedung KONTAN,
Jalan Kebayoran Lama No. 1119 Jakarta 12210.
021 5357636/5328134
moderator[at]kontan.co.id
Epaper[at]kontan.co.id
Iklan : Gedung KOMPAS GRAMEDIA Unit 2
Lt 2 Jl. Palmerah selatan 22-28
Jakarta Selatan 10740.
021 53679909/5483008 ext 7304,7306
2019 © Kontan.co.id All rights reserved
Sitemap | Profile | Term of Use | Pedoman Pemberitaan Media Siber | Privacy Policy

diagnostic_api_kiri = 0.0003 || diagnostic_api_kanan = 0.0022 || diagnostic_web = 0.2290

Close [X]
×