Sport

Laga FIFA Match Day Indonesia vs Curacao, Siapa Curacao?

Rabu, 21 September 2022 | 12:41 WIB   Reporter: SS. Kurniawan
Laga FIFA Match Day Indonesia vs Curacao, Siapa Curacao?

ILUSTRASI. Laga FIFA Match Day Indonesia vs Curacao, Siapa Curacao? ANTARA FOTO/M Agung Rajasa.


KONTAN.CO.ID - Laga FIFA Match Day Indonesia vs Curacao akan berlangsung 24 dan 27 September 2022. Siapa Curacao?

Pertandingan Indonesia vs Curacao akan dilaksanakan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, pada 24 September dan Stadion Pakansari, Kabupaten Bogor, 27 September. 

Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan mengatakan, Skuad Garuda harus bermain maksimal pada laga FIFA Match Day Indonesia vs Curacao. Sebab, Curacao merupakan tim yang kuat.

"Sebanyak 23 pemain timnas Indonesia yang dipanggil merupakan pilihan dari pelatih Shin Tae-yong. Para pemain berkumpul pada Senin (19/9) di Bandung," kata Iriawan, dikutip dari situs PSSI, Rabu (21/9).

Laga Indonesia vs Curacao bakal berjalan menarik. Bukan tim sembarangan, peringkat FIFA Curacao jauh di atas Indonesia. 

Baca Juga: Siapa Bacuya, Maskot Piala Dunia U-20 Tahun 2023 di Indonesia?

Timnas Curacao saat ini berada di ranking 84 dunia dalam daftar FIFA, jauh di atas Indonesia yang menduduki peringkat 155. Bahkan, Curacao pernah nangkring di peringkat 68 FIFA.

Mengutip Wikipedia, Curacao terletak di Laut Karibia yang mencakup pulau utama Curacao dan Pulau Klein Curacao atau Curacao Kecil yang tidak berpenghuni. Curacao merupakan salah satu negara konstituen Kerajaan Belanda. 

Ibu kota Curacao adalah Willemstad. Negara yang terletak di wilayah Amerika ini hanya memiliki luas 444 kilometer persegi, dengan jumlah penduduk 152.760 berdasarkan hasil Sensus Penduduk pada 2013 lalu.

Kekayaan alam yang ada di Curacao hanyalah fosfat. Sementara pariwisata, penyulingan minyak bumi, dan keuangan lepas pantai adalah andalan dari Curacao yang terkait erat dengan dunia luar. 

Infrastruktur di Curacao berkembang dengan baik dibanding negara-negara Kepulauan Karibia lainnya. Curacao memiliki pelabuhan yang bisa menampung kapal tanker minyak raksasa. Dan, perusahaan minyak negara Venezuela menyewa kilang di Curacao.

Baca Juga: Begini Makna Logo Resmi Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia

Meski negara kecil, timnas sepak bola Curacao tak boleh dipandang sebelah mata. Buktinya, mengutip SoccerWay, dalam pertandingan uji coba pada 9 Oktober 2021 lalu, Curacao berhasil menekuk Selandia Baru dengan skor 2-1.

Lalu, dalam CONCACAF Nations League tahun ini, Curacao yang saat ini di bawah asuhan pelatih A. Langeler sempat menahan imbang Kosta Rika 0-0 di pertandingan pertama, meski kalah tipis 1-2 dalam match kedua.

Tim berjulukan La Familia Azul atau La Pantera Negra atawa La Pantera Azul ini mengalahkan Honduras di pertandingan kedua CONCACAF Nations League dengan skor 2-1, setelah kalah 0-1 pada match pertama.

Para pemain Timnas Curacao kebanyakan merumput di Eropa, seperti Belanda dan Inggris. Misalnya, Leandro Jones Johan, pemain gelandang ini bermain di Cardiff City dan sempat membela Aston Villa.

Selanjutnya: Mengawali Perdagangan di Hong Kong, Saham Tencent Music Tidak Bergerak

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: S.S. Kurniawan

Terbaru