TEKNOLOGI - JAKARTA. Pandemi virus corona baru menyebabkan banyak kegiatan harus orang lakukan secara online. Aplikasi yang banyak orang gunakan, salah satunya Zoom meeting.
Sayang, masih banyak orang yang kesulitan melakukan Zoom meeting di laptop. Ada banyak gangguan yang mungkin sebagian orang hadapi saat Zoom meeting di laptop.
Ada yang terkendala koneksi internet tidak stabil, situasi di rumah tidak kondusif, dan lain sebagainya. Mengutip Stanford Magazine, ini beberapa tips agar Zoom meeting di laptop bisa lebih efektif:
Batasi waktu
Jika Anda menyelenggarakan Zoom meeting di laptop, batasi waktu rapat seminimal mungkin. Jika rapat berlangsung lebih dari 5 menit dan tidak ada obrolan yang interaktif, peserta rapat akan mudah bosan sehingga konsentrasi lebih cepat hilang.
Baca Juga: Zoom membuka pusat teknologi di Bengaluru India
Karena itu, diskusikan poin-poin penting tanpa melibatkan pembahasan yang bertele-tele.
Memberikan peraturan selama Zoom meeting di laptop juga bisa Anda coba. Misalnya, mengirimkan emoji lambaian tangan jika ingin bertanya, membisukan suara saat peserta meeting tidak ingin berkomentar, dan lain sebagainya.
Perhatikan sikap
Zoom meeting di laptop bisa berjalan lebih efektif bila tiap peserta melakukan sikap yang sesuai. Sama seperti rapat langsung, menperhatikan orang yang berbicara sangat penting agar rapat bisa berjalan dengan lancar.
Usahakan untuk selalu menatap kamera. Stanford Magazine menyebutkan, sikap kecil itu bisa membuat rapat menjadi lebih nyaman.
Baca Juga: Zoom Meeting mendapatkan predikat Raja Unduhan, paling banyak diunduh,
Sabar adalah kunci
Gangguan komunikasi banyak terjadi saat Zoom meeting di laptop. Anda perlu sabar saat melakukan kegiatan itu.
Bisa jadi kondisi internet lawan bicara Anda sedang bermasalah sehingga apa yang dikatakan menjadi tidak jelas. Alih-alih menjadi marah, Anda bisa meminta lawan bicara untuk kembali menjelaskan apa yang mereka sampaikan.
Ubah background
Background panggilan video yang Anda lakukan melalui Zoom meeting di laptop bisa diganti, lo. Selain bisa menutupi kondisi rumah Anda yang mungkin berantakan, pemilihan background yang menarik juga bisa dijadikan icebreaker saat rapat.
Baca Juga: Semakin interaktif, aplikasi Facebook Messenger kini dukung fitur share screen
Pembagian tugas
Cara lain yang Stanford Magazine sebutkan adalah dengan menunjukkan rekan kerja lain sebagai co-host. Jadi, Anda bisa berbagai tugas dengan rekan kerja Anda.
Misalnya, Anda berperan sebagai moderator, kemudian rekan kerja bertugas untuk memantau kolom chat agar tidak ada pertanyaan dalam rapat yang tertinggal, dan lain sebagainya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News