Gadget

Lewat YouTube Shorts, bisa bikin video pendek dengan musik mirip TikTok di YouTube

Selasa, 15 September 2020 | 10:27 WIB Sumber: The Verge
Lewat YouTube Shorts, bisa bikin video pendek dengan musik mirip TikTok di YouTube

ILUSTRASI. Lewat YouTube Shorts, bisa bikin video pendek dengan musik mirip TikTok di YouTube

KONTAN.CO.ID - YouTube Shorts, platform terbaru dari YouTube yang bakal saingi TikTok. Platform yang dinamakan Short ini bakal tersedia di wilayah India dalam waktu dekat.

Popularitas TikTok telah mendunia. Platform berbagi video pendek ini telah digunakan banyak orang untuk menikmati berbagai update yang lagi viral di internet.

Bahkan bagi sebagian orang, TikTok menjadi sumber informasi terkini. Mengingat hal-hal yang lagi viral juga cepat tersebar lewat TikTok.

Popularitas TikTok juga mendorong beberapa pembuat aplikasi untuk menciptakan aplikasi sejenis. Sebut saja Facebook lewat Instagram Reels, sebuah fitur dari Instagram yang mirip dengan TikTok.

Google juga tidak mau kalah, lewat YouTube Shorts, mereka mencoba untuk berkompetisi.

Mengutip dari blog resmi YouTube Shorts, mereka mengumumkan sebuah platform yang mirip dengan TikTok. Sesuai dengan namanya 'Shorts', pengguna dapat membagikan video berdurasi pendek.

Semakin mirip dengan TikTok, pengguna juga bisa menambahkan lagu dalam video yang akan di upload

Baca Juga: Asyik! Sebentar lagi nonton anime makin mudah lewat kanal YouTube Muse Indonesia

Apa itu YouTube Shorts?

Dalam deskripsi di blog resminya, YouTube Shorts mengajak para konten kreator YouTube untuk berkreasi lebih beragam. Tidak perlu peralatan canggih dan beragam, hanya butuh kamera di HP saja pengguna dapat membuat konten yang keren.

Untuk membuat video durasi pendek ala TikTok ini masih menggunakan aplikasi YouTube yang biasa. Hanya saja versi terbarunya terdapat sedikit perubahan. Sekarang ada ikon baru dengan ikon plus (+) di tengah. 

Tinggal tap ikon tersebut para konten kreator dapat berkreasi membuat video pendek semenarik mungkin. Pengguna dapat merekam dan mengeditnya langsung lewat aplikasi YouTube. 

Bisa menambahkan musik, memotong video, mempercepat video dan masih banyak lagi. Maksimal durasi video pendek yang bisa diupload yaitu 15 detik.

Kapan bisa mencoba YouTube Shorts?

Sayangnya untuk saat ini YouTube Shorts baru tersedia dalam fase beta di wilayah India saja. Itu pun berlangsung beberapa minggu ke depan. Tersedia untuk HP Android, ke depannya juga bakal tersedia di iOS.

Jangan khawatir, kelak YouTube Shorts juga bakal tersedia di negara yang lebih banyak.

Jadi apakah kalian sekarang ingin beralih menjadi kreator YouTube atau YouTubers?

Selanjutnya: Ingin nonton anime di YouTube gratis dan legal ? ikuti tiga channel ini

 

Editor: Arif Budianto


Terbaru