Sport

Lewis Hamilton cetak sejarah di Formula 1 usai rebut pole position GP Hunggaria

Minggu, 19 Juli 2020 | 06:46 WIB Sumber: Kompas.com
Lewis Hamilton cetak sejarah di Formula 1 usai rebut pole position GP Hunggaria

ILUSTRASI. Pembalap Lewis Hamilton

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pembalap tim Mercedes, Lewis Hamilton, sukses merebut start terdepan pada balapan Formula 1 (F1) GP Hungaria setelah menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi. 

Kualifikasi F1 GP Hungaria digelar di Sirkuit Hungaroring, Mogyorod pada Sabtu (18/7). Pada sesi kualifikasi pertama (Q1), Lewis Hamilton sempat tertinggal dari dua pembalap Racing Point yakni Sergio Perez dan Lance Stroll. 

Baca Juga: Valtteri Bottas finis terdepan dan Lando Norris raih podium perdana di GP Austria

Namun, juara dunia F1 enam kali itu tampil gemilang pada sesi kualifikasi kedua (Q2) dan ketiga (Q3). Hamilton pun menjadi yang tercepat pada Q2 dengan catatan waktu terbaik 1 menit 14,261 detik. Ia unggul 0,269 detik dari rekan setimnya, Valtteri Bottas. 

Performa impresif Hamilton berlanjut pada Q3 di mana ia kembali menjadi pembalap dengan catatan waktu terbaik. Pembalap asal Inggris itu merebut pole position F1 GP Hungaria setelah membukukan catatan waktu terbaik 1 menit 13,447 detik pada sesi akhir kualifikasi. 

Ini merupakan pole position ke-90 bagi Hamilton. Ia pun menjadi pembalap pertama dalam sejarah F1 yang mampu meraih 90 pole position. Jumlah pole position yang dicetak pembalap asal Inggris ini di ajang balap jet darat tersebut bahkan mengungguli pencapaian para legenda seperti Michael Schumacher (68), Ayrton Senna (65), Sebastian Vettel (57), dan Jim Clark (33). 

Seusai menjalani sesi kualifikasi, Hamilton mengatakan bahwa ia tak percaya bisa meraih pole position ke-90 sepanjang kariernya. "Saya harus mencubit diri sendiri karena mencapai pole ke-90," ujar Hamilton kepada Formula 1. 

"Saya merasa bangga dan harus mengucapkan banyak terima kasih kepada banyak orang yang telah membantu," imbuhnya. "Valtteri (Bottas) membuat saya tidak mudah untuk meraih hasil seperti hari ini," tandas Hamilton. 

Baca Juga: Ini protokol kesehatan yang wajib dipatuhi pembalap MotoGP jelang seri pembuka

Sementara itu, pole position pada F1 GP Hungaria merupakan yang kedua bagi Hamilton musim ini. Sebelumnya, ia juga meraih pole position pada GP Styria yang merupakan seri kedua dari jadwal F1 2020. Hamilton pun bertekad melanjutkan hasil impresif di GP Styria, di mana ia sukses meraih pole position dan menjadi juara. 

Lewis Hamilton saat ini berada di peringkat kedua klasemen pembalap F1 2020 dengan koleksi 37 poin. Ia berada di bawah rekan setimnya, Valtteri Bottas, yang menempati posisi puncak dengan raihan 43 poin. (Ervan Yudhi Tri Atmoko)

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Rebut Pole Position GP Hungaria, Lewis Hamilton Cetak Sejarah di F1".

Editor: Anna Suci Perwitasari


Terbaru