Lukisan karya Picasso raib dari galeri

Selasa, 10 Januari 2012 | 15:42 WIB   Reporter: Asnil Bambani Amri, BBC
Lukisan karya Picasso raib dari galeri

ILUSTRASI. Rupiah ditutup melemah


ATHENA. Lukisan milik Picasso raib dibawa kabur pencuri di galeri lukisan nasional Athena, Senin lalu. (9/1). Lukisan yang menyerupai Woman's Head (kepala wanita) karya Picasso itu sudah dipajang di galeri Yunani sejak tahun 1949 silam.

Polisi menyatakan, selain lukisan Picasso, pencuri juga membawa kabur lukisan Mondrian dan sketsa karya seniman Italia Guglielmo Caccia. Aksi pencurian terjadi sebelum pukul 05.00 pagi waktu setempat.

Pencuri memasuki galeri dengan cara paksa, dengan membobol pintu balkon bagian belakang. Setelah masuk, para pencuri melucuti lukisan dari bingkainya kemudian kabur.

Seorang penjaga yang berjaga kala itu mengaku sempat melihat aksi pencuri. Ia menyaksikan saat pencuri mengendap-endap lari meninggalkan gedung galeri. Setelah melakukan pengejaran si pencuri tiba-tiba menjatuhkan beberapa lukisan Mondrian.

Saat kembali ke galeri, penjaga menemukan bingkai tempat lukisan Picasso sudah dalam keadaan kosong. Menurut polisi, aksi pencurian itu terjadi pada hari terakhir saat ada pameran lukisan.

Asal tahu saja, Woman's Head karya Picasso dibikin tahun 1939, sedangkan Mondrian, dilukis dengan cat minyak tahun 1905. Saat ini, pejabat museum belum menentukan nilai kerugian dari karya seni tersebut.

Selain menyimpan karya Picasso, galeri di kota Athena ini memiliki koleksi lain karya seni pasca-Bizantium, serta koleksi karya Renaissance dan beberapa lukisan karya El Greco.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri

Terbaru