Macam-macam penyakit yang menyerang sistem pernapasan manusia

Rabu, 06 Januari 2021 | 14:21 WIB   Penulis: Tiyas Septiana
Macam-macam penyakit yang menyerang sistem pernapasan manusia

ILUSTRASI. Macam-macam penyakit yang menyerang sistem pernapasan manusia.

KONTAN.CO.ID - Sistem pernapasan merupakan salah satu sistem terpenting pada tubuh manusia. Paru-paru yang masuk dalam sistem ini memiliki fungsi penting dalam mendistribusikan oksigen. 

Oksigen yang masuk dalam paru-paru nantinya akan dibawa darah dan disalurkan ke seluruh tubuh. Jika fungsi paru-paru terganggu, tubuh juga akan perlahan melemah karena kadar oksigen berkurang. 

Gangguan pada sistem pernapasan bisa disebabkan oleh gaya hidup, seperti merokok hingga infeksi virus seperti Covid-19. Karenanya, Anda harus berhati-hati dalam menjaga kesehatan paru-paru agar tubuh tetap sehat. 

Berikut beberapa penyakit yang umum menyerang sistem pernapasan pada manusia, bersumber dari Healthline dan Web MD:

Baca Juga: Kenali 6 ciri-ciri awal autisme pada anak, orangtua perlu tahu

  • Asma

Penyakit pada sistem pernapasan yang paling sering diderita manusia adalah asma. Penyakit ini bisa disebabkan oleh alergi, debu, polusi, olah raga berat, hingga stres. 

Penderita asma biasanya mengidap penyakit ini mulai dari anak-anak. Saat kambuh, orang yang memiliki asma akan sulit untuk bernapas. Ia akan terus batuk dan bersin, serta merasakan sesak di dada. 

Asma sayangnya belum bisa disembuhkan secara total. Namun, pengobatan yang tetap bisa mengendalikan gejala asma. 

  • Bronkitis

Bronkitis merupakan penyakit peradangan pada saluran bronkus. Ada dua jenis bronkitis yang bisa menyerang manusia; akut dan kronis. 

Pada bronkitis kronis, penderita akan terus batuk hingga batuk berdahak. Mereka juga memiliki napas yang pendek, demam, dan dada sesak.

Baca Juga: Hati-hati pilih jurusan kuliah di SNMPTN, sekali lulus tidak bisa ambil jalur lain 

Editor: Tiyas Septiana
Terbaru