Magnus Carlsen gagas turnamen catur online dengan hadiah terbesar sepanjang sejarah

Minggu, 17 Mei 2020 | 03:01 WIB   Reporter: Sandy Baskoro
Magnus Carlsen gagas turnamen catur online dengan hadiah terbesar sepanjang sejarah

ILUSTRASI. Permainan catur edisi Dragon Ball Z

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pagebluk corona (Covid-19) turut mengubah tatanan dunia olahraga. Juara dunia catur Magnus Carlsen menggagas serangkaian turnamen catur online dengan total hadiah US$ 1 juta atau Rp 15 miliar. Angka ini merupakan hadiah turnamen catur online terbesar dalam sejarah.

Carlsen memulai turnya pada 18 April hingga 3 Mei lalu, melalui turnamen bertajuk The Carlsen Invitational. Di pertandingan final, Carlsen mengalahkan Hikaru Nakamura, pecatur asal Amerika Serikat dengan skor 2,5-1,5.

Baca Juga: Asik! Catur edisi Dragon Ball Z sudah bisa di beli lo

Di tur catur online pertamanya, Carlsen membawa pulang hadiah senilai US$ 70.000 (Rp 1,05 miliar), sementara Hikaru meraih US$ 45.000 (Rp 675 juta). Partai final tersebut disaksikan oleh audiens online mencapai 114.000 pemirsa.

Saat ini banyak event olahraga dunia yang tertunda akibat pandemi Covid-19. Nah, Carlsen mengharapkan catur menjadi olahraga mainstream yang ditonton dan digemari masyarakat dunia. Inilah salah satu alasan mengapa pria asal Norwegia itu menggagas pertandingan catur online dunia.

"Turnamen ini sangat menyenangkan dan kami mendengar respons yang bagus dari para pemain, mitra siaran dan pemirsa," ungkap Carlsen dalam sebuah pernyataan resminya, seperti dikutip chess24.com, baru-baru ini.

Pria berusia 29 tahun itu menilai, di saat pertandingan catur secara fisik tertunda akibat wabah corona, maka mengusung seluruh pertandingan catur secara online merupakan keputusan yang tepat bagi olahraga ini.

Baca Juga: Manajer Watford: Nyawa pemain dalam bahaya jika Liga Inggris terburu-buru digelar

Setelah tur perdana bertajuk The Carlsen Invitational, juara dunia catur termuda sepanjang sejarah itu akan menggabungkan tiga turnamen berikutnya, hingga partai puncak Grand Final pada 9 - 20 Agustus mendatang. Total hadiah dalam serangkaian tur catur online tersebut mencapai US$ 1 juta, atau tertinggi dalam sejarah pertandingan catur online global.

Editor: Sandy Baskoro
Terbaru