Kuliner

Manfaat Sayur dan Buah Berdasarkan Warna

Minggu, 11 Juli 2021 | 11:30 WIB   Reporter: Nina Dwiantika
Manfaat Sayur dan Buah Berdasarkan Warna

KONTAN.CO.ID – Buat jaga imun tubuh selama pandemi, moms dan keluarga perlu mengkonsumsi sayur dan buah yang kaya vitamin. Yang perlu mom ketahui lebih dalam bahwa tubuh kita perlu mengkonsumsi sayur dan buah yang bermacam-macam.

Dokter Siti Shafariah dari Klinik SB Medika mengatakan, sayur dan buah memiliki kandungan nutrisi yang berbeda-beda sehingga untuk melengkapi mikronutrien, antioksidan, polifenol maka Anda harus melakukan rotasi dalam mengkonsumsi sayur dan buah.

“Antioksidan dan polifenol berperan dalam pencegahan kanker, penyakit degeneratif dan penyakit tidak menular,” kata Dokter Siti. Lanjutnya, sayur dan buah punya warna yang berbeda-beda sehingga kandungan vitamin dalam sayur dan buah juga akan berbeda.

Baca Juga: Kapan Tes Covid-19 dengan Antigen dan PCR Sebaiknya DIlakukan?

Yuk simak penjelasannya.

1.Sayur dan buah berwarna hijau yang kaya akan kalium, asam folat, vitamin K dan C, lalu mengandung lutein dan zeaxantin yang bermanfaat untuk mata, mengandung indoles yang merupakan antioksidan kuat untuk mencegah kanker dan meredakan peradangan.

2.Sayur dan buah berwarna oranye-merah yang mengandung likopen sebagai anti kanker, serangan jantung dan nengontrol tekanan darah, mengandung antosianin sebagai anti kanker, melindungi sel dan memperbaiki fungsi ingatan

3.Sayur dan buah berwarna ungu ini mengandung resveratrol sebagai pelindung terhadap mikroba, anti kanker, dan melindungi jantung, serta mengandung antosianin.

4.Sayuran dan buah berwarna putih mengandung allicin yang membantu menstabilkan tekanan darah dan kadar kolesterol, mengandung quercetin yang dapat melebarkan pembuluh darah, meredakan alergi, mencegah infeksi dan kanker serta sebagai anti peradangan.

Ada tips agar sayuran dan buah tetap punya manfaat yang sempurna. Diantaranya, usahakan memasak sayur untuk sekali makan karena sayur yang dipanaskan ulang akan kehilangan vitamin dan nutriennya dan hanya menyisakan serat.

Jika sayuran dimasak tumis, sebaiknya hanya 3 menit saja terkena api dan segera pindahkan dari wajan. Nah, untuk lalap, cuci bersih sayuran di atas air mengalir di kedua sisi sayur.

Dan untuk buah, cuci bersih buah di bawah air mengalir sebelum dipotong atau dikupas, buah akan lebih banyak manfaatnya saat dimakan langsung, dibandingkan dengan diolah sebagai jus.

Sekedar informasi,  WHO merekomendasikan konsumsi sayur dan buah 400 gram per hari.

Yuk makan sayur dan buah..

Selanjutnya: Tai Chi Bisa Memperkuat Imun Tubuh, Cukup 30 Menit Sehari!

 

Editor: Nina Dwiantika
Terbaru