Tai Chi Bisa Memperkuat Imun Tubuh, Cukup 30 Menit Sehari!

Minggu, 11 Juli 2021 | 10:40 WIB   Reporter: Jane Aprilyani
Tai Chi Bisa Memperkuat Imun Tubuh, Cukup 30 Menit Sehari!

KONTAN.CO.ID - Di tengah sebaran virus covid-19, cara untuk meningkatkan imunitas selain menjaga kebersihan adalah dengan berolahraga. Salah satu olahraga fisik yang bisa meningkatkan daya tahan tubuh adalah Tai Chi.

Buat Moms yang belum tahu, Tai Chi merupakan seni bela diri dari Tiongkok yang fokus pada keseimbangan tubuh manusia. 

Menurut Martin Rizal Soeprapto, pelatih Taichi dari Perguruan Energi Alam Semesta, Taichi diadaptasi dari seni beladiri menjadi senam kesehatan dengan mengambil faedah kesehatannya, kelebihan, dan metodenya dalam terapi kesehatan.

Baca Juga: Covid-19 Mengepung, Ini Kiat Bertahan Keuangan Keluarga!

Tai Chi umumnya melakukan gerakan dengan ritme yang lambat, namun Moms harus mengatur napas dengan konstan agar semua energi dan aliran darah dalam tubuh berjalan lancar.

Berkaitan dengan merebaknya kembali wabah Covid-19, Martin menambahkan bahwa tai chi bisa meningkatkan daya tahan tubuh dan sistem kekebalan imun.

"Setidaknga 30 menit cukup sehari, atau sampai 2 jam kalau ada waktu luang," pesan dia.

Di samping memberi kebugaran pada tubuh, ada banyak manfaat yang didapat Moms jika melakukan Tai Chi. Apa saja ya?

1. Tubuh Lebih Langsing

Meski gerakan Tai Chi lambat dan tidak menunjukkan kekuatan, namun dengan melakukan gerakan-gerakan senam ini, tubuh Moms bisa langsing. Menurut jurnal Annals of Internal Medicine yang diterbitkan Mei 2021, disebutkan bahwa orang yang melakukan tai chi selama tiga bulan dibandingkan dengan mereka yang melakukan program olahraga lain atau tidak berolahraga sama sekali, dapat menurunkan lingkar pinggang mereka dengan hasil rata-rata 0,7 persen.

2. Jaga Kesehatan Jantung

Tak hanya membuat tubuh lebih langsing, rupanya dengan melakukan senam Tai Chi, jantung Moms bisa terjaga. Latihan pernapasan dalam senam tai chi akan meningkatkan aliran oksigen. Ini membantu kelancaran peredaran darah sehingga aktivitas jantung dan otak terjaga. Journal of American Heart Association menguji manfaat tai chi pada pasien usai mengalami serangan jantung. Mereka diminta melakukan senam tai chi, setidaknya tiga kali seminggu selama 24 minggu, menunjukkan perbaikan kesehatan.

Baca Juga: Katalog Promo Indomaret terbaru, periode 30 Juni-6 Juli 2021

3. Mengatur Pernapasan

Berbeda dengan senam pada umumnya, Tai Chi memang melakukan gerakan yang melibatkan beragam gerakan tubuh dengan olah napas secara teratur. Dengan begitu, Moms bisa terhindar dari penyakit Asma.

4. Tidur Lebih Nyenyak

Dengan Moms melakukan senam Tai Chi secara rutin, maka tidak hanya pernapasan yang lancar. Tetapi tidur juga lebih nyenyak. Dalam Journal of Sleep Disorders and Therapy disebutkan, dengan berlatih Tai Chi selama 1,5 hingga tiga jam setiap minggu selama setidaknya enam minggu, maka Moms bisa tidur lebih nyenyak dan lebih baik. Dengan begitu juga Moms juga jauh dari stress dan depresi.

5. Mencegah Radang Lutut

Bagi Moms yang mengikuti senam Tai Chi, setidaknya terhindari dari osteoarthritis atau radang lutut.

Sebab, selain mengatur pernapasan, gerakan-gerakan Tai Chi juga melibatkan tangan dan otot-otot kaki. Senam Tai Chi biasanya bertumpu pada kaki, kemudian menggerakan tangan dan tubuh. Dengan begitu, otot tubuh lebih lentur dan punggung terasa kuat setelah melakukan Tai Chi.

Selanjutnya: Gunakan Bahan Alami, Begini Cara Ampuh dan Mudah Mengusir Lalat dari Rumah

 

 

Editor: Jane Aprilyani
Terbaru