Mantan Penyerang Manchester United Rooney Ditunjuk Sebagai Manajer Plymouth Argyle

Sabtu, 25 Mei 2024 | 20:05 WIB Sumber: Reuters
Mantan Penyerang Manchester United Rooney Ditunjuk Sebagai Manajer Plymouth Argyle

ILUSTRASI. Mantan penyerang Manchester United dan Inggris Wayne Rooney Foto : pressball.by


SEPAK BOLA - Mantan penyerang Manchester United dan Inggris Wayne Rooney ditunjuk sebagai manajer Plymouth Argyle.

Rooney menggantikan Ian Foster, yang dipecat pada bulan April setelah hanya tiga bulan menjabat. Argyle finis di urutan ke-21 klasemen Championship, menghindari degradasi dengan selisih satu poin.

“Sepanjang proses wawancara, Wayne menunjukkan dirinya sebagai kandidat yang bersemangat, cerdas, dan berpengetahuan luas dengan keinginan untuk membuktikan dirinya dan mengembangkan karir manajerialnya,” kata Chairman Argyle Simon Hallett dalam sebuah pernyataan, Minggu (25/5).

Baca Juga: Erik ten Hag Puji Alejandro Garnacho: Dia Punya Potensi yang Tinggi

“Sedemikian rupa sehingga dia menghubungi dewan ketika kami memulai proses ini dan tertarik dengan proyek yang ada dan menunjukkan rencana nyata tentang bagaimana memimpin klub sepak bola ke depan.”

Rooney sebelumnya pernah menangani tim Birmingham City, Derby County, dan Major League Soccer (MLS) DC United.

“Mengambil peran ini di Plymouth Argyle terasa seperti langkah sempurna berikutnya dalam karier saya – dan saya ingin mengucapkan terima kasih kepada ketua dan dewan atas kepercayaan yang mereka tunjukkan kepada saya,” kata Rooney dalam sebuah pernyataan.

Rooney ditunjuk sebagai manajer Birmingham pada Oktober 2023 ketika klub itu berada di peringkat keenam klasemen tetapi dipecat pada Januari setelah mereka turun ke peringkat 20.

Sebelum bergabung dengan Birmingham, pemain berusia 38 tahun itu mengundurkan diri sebagai manajer DC United tahun lalu setelah mereka gagal lolos ke babak playoff Piala MLS untuk tahun keempat berturut-turut.

Baca Juga: Raih sepatu emas, Cristiano Ronaldo pimpin daftar top skor Euro 2020

Dia juga pernah bertugas selama 17 bulan di Derby County di mana timnya mengumpulkan 55 poin -- cukup untuk bertahan hidup -- namun terdegradasi ke divisi ketiga setelah poin dikurangi di tengah kesulitan keuangan.

Sebagai pemain, Rooney mencetak 253 gol untuk United, memenangkan lima gelar Liga Inggris dan Liga Champions bersama klub Old Trafford. Ia juga mencetak 53 gol untuk timnas Inggris.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru