Skenario Peluang Manchester United Lolos ke Fase Gugur Liga Champions, Seperti Apa?

Kamis, 30 November 2023 | 13:06 WIB   Penulis: Bimo Kresnomurti
Skenario Peluang Manchester United Lolos ke Fase Gugur Liga Champions, Seperti Apa?

ILUSTRASI. Skenario Peluang Manchester United Lolos ke Fase Gugur Liga Champions


Peluang Manchester United Lolos 16 Besar Liga Champione- JAKARTA. Manchester United kembali gagal merah 3 poin di Liga Champione. Peluang ke babak 16 besar Liga Champions semakin sulit terlebih lagi lawan berat ada  di depan mata, Bayern Munich.

Manchester United ditahan imbang saat bertandang ke markas Galatasaray dengan skor 3-3 pada Matchday ke-5 Grup A. Setelah memipin 3-1 hingga menit 60, Setan Merah harus kemasukkan 2 gol.

Hasil ini membuat peluang Manchester United lolos fase grup Liga Champions semakin kecil. Terlebih lagi, Bayern Munich akan menjadi lawan berat di pertandingan terakhir mendatang.

Lalu, bagaimana hitung-hitungan peluang Manchester United bisa lolos ke babak 16 besar?

Baca Juga: Langkah Ratcliffe Kuasai 25% Saham Manchester United Semakin Nyata

#1 Apakah Manchester United bisa melaju ke babak 16 besar Liga Champions?

Alejandro Garnacho

Meskipun banyak yang meramalkan bahwa akan finis dengan mudah di peringkat dua di Grup A Liga Champions musim 2023/24, Setan Merah ternyata menghadapi tantangan yang besar.

Riwayat kekalahan dari Bayern Munich dan Kopenhagen dalam pertandingan tandang, serta kekalahan dari Galatasaray di Old Trafford, telah membuat posisi Manchester United merosot ke bagian paling bawah klasemen menjelang pertandingan matchday kelima.

Peluang untuk melangkah ke babak berikutnya sangat bergantung pada hasil pertandingan tandang ke Galatasaray; kekalahan akan berarti tersingkir, sedangkan hasil imbang masih memberi mereka peluang, kecuali Kopenhagen berhasil mengalahkan Bayern.

Saat ini, Kopenhagen, Galatasaray, dan Manchester United semuanya memiliki peluang untuk melaju ke Babak 16 besar, tergantung pada hasil pertandingan.

Baca Juga: Manchester United Kian Dekat Capai Kesepakatan dengan Ratcliffe

Peluang Manchester United lolos fase gugur Liga Champions

Manchester United

Pada laga terakhir fase Grup Manchester akan berhadapan dengan Bayern Munich di Old Trafford. Semestinya Manchester United perlu angka 3 poin mutlak.

Manchester United perlu menunggu hasil dari Pertandingan lain yakni Copenhagen melawan Galatasaray. Nafas Setan Merah bisa terjaga asalkan Galatasaray dan Kopenhagen bermain imbang atau Kopenhagen menang, dengan mempertimbangkan selisih gol.

Kedua tim wajib hasil imbang agar sama-sama mengantongi 6 poin, sehingga Setan Merah dapat melaju ke 16 besar Liga Champions dengan 7 poin.

Menurut UEFA, yang meninjau musim Liga Champions sebelumnya untuk merumuskan peringkat probabilitas, Manchester United memiliki peluang sebesar 22% untuk mencapai babak sistem gugur setelah tiga pertandingan pertama dengan 3 poin.

Adapun tim terakhir yang berhasil lolos dengan hanya meraih tiga poin di pertengahan fase grup adalah Bayer Leverkusen pada musim 2016/17.

Skenario Setan Merah ke babak 16 besar

  • Copenhagen dan Galatasaray Wajib Seri.
  • Manchester United wajib menang melawan Bayern Munich.

Kapan terakhir kali Man United gagal ke 16 Besar Liga Champions?

Meskipun Manchester United tetap menjadi salah satu klub paling terkenal dan berprestasi di Inggris, mereka telah berjuang keras di Liga Champions selama dekade terakhir.

Melansir dari Sporting News, kondisi musim ini sangat kontras dengan musim 1998/99 dan 2007/08 ketika Setan Merah mengangkat trofi terkenal di bawah asuhan mantan manajer Sir Alex Ferguson, yang juga membawa mereka ke final pada tahun 2009 dan 2011.

Klub ini juga memenangkan kompetisi tersebut pada tahun 2011. Adapun pada tahun 1967/68 dinobatkan sebagai Piala Eropa.

Baca Juga: Erik ten Hag Puji Alejandro Garnacho: Dia Punya Potensi yang Tinggi

#2 Jika Man United finis ketiga di babak penyisihan grup Liga Champions

David de Gea

Saat ini pada musim 2023/24, UEFA memiliki tiga kompetisi Eropa yang diikuti oleh tim-tim: Liga Champions, Liga Europa, dan Liga Konferensi Europa. 

Liga Champions adalah turnamen paling bergengsi dari tiga turnamen dengan beberapa klub terbesar di sepak bola Eropa, termasuk Manchester United kali ini. 

Oleh karena itu, bagi Setan Merah finis di posisi ketiga Grup A musim ini, Bruno Fernandes CS akan bergabung ke Liga Europa untuk babak playoff babak sistem gugur dengan kemenangan di pertandingan tersebut membuat Manchester United mencapai babak 16 besar.

Musim lalu, United berada di sisi berlawanan dan setelah finis kedua di grup Liga Europa harus menghadapi Barcelona (yang tersingkir dari Liga Champions) di babak playoff Liga Europa sebelum melanjutkan ke babak 16 besar.

Artinya, saat Setan Merah menahan The Bavarian, Erik Ten Hag tetap menunggu hasil Copenhagen dan Galatasaray. Saat salah satu menang dan salah satu timnya akan mendapatkan poin yang sama dengan United yakni 5 poin.

Rekor Liga Europa Setan Merah

Kejayaan Setan Merah sebelumnya menjadi tim Inggris pertama yang memenangkan Piala Eropa pada tahun 1968. Hal itu didapatkan setelah meraih kemenangan atas Benfica dan Liga Champions modern pada tahun 1999 melawan Bayern Munich.

United sebenarnya menikmati lebih banyak kesuksesan di Liga Europa dalam beberapa musim terakhir sebagai sepak bola Eropa tingkat kedua Liga Champions.

Kualifikasi langsung pertama United ke kompetisi ini, melalui penyelesaian Liga Premier, kemudian menghasilkan tim Jose Mourinho memenangkan final tahun 2017 melawan Ajax berkat gol dari Paul Pogba dan Henrikh Mkhitaryan dalam kemenangan solid 2-0. 

Sejak itu, United telah mencapai semifinal dan final kompetisi tersebut, masing-masing pada tahun 2020 dan 2021, dengan Sevilla menyingkirkan Setan Merah di babak semifinal pada tahun 2020 dan Villarreal memenangkan final tahun 2022 melalui adu penalti.

Musim lalu pada tahun 2022, Setan Merah kembali disingkirkan Sevilla di perempat final Liga Europa.

Lebih buruknya lagi, bila Manchester United kalah dari The Bavarian di pertandingan terakhir, Setan Merah langsung gagal mendapatkan slot Liga Europa.

Selanjutnya: Siap-Siap, iQOO 12 Tiba di Indonesia 7 Desember dengan Spek Gaming Unggulan

Menarik Dibaca: Promo Guardian s/d 6 Desember 2023, Tambah Uang Rp 1.000 Dapat 2 Body Serum Nivea

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Bimo Kresnomurti

Terbaru