Gadget

Marak spam SMS Chat-V yang berbahaya, begini cara mengatasinya

Rabu, 29 Januari 2020 | 22:54 WIB   Reporter: kompas.com
Marak spam SMS Chat-V yang berbahaya, begini cara mengatasinya

ILUSTRASI. Iklan peringatan penipuan melalui sms, e-mail, telepon  yang mengatasnamakan Bank Mandiri.

KONTAN.CO.ID - Belakangan, marak modus penipuan dan spam yang memanfaatkan layanan pesan singkat (SMS) Chat-V. Pelaku penipuan mengirim sebuah tautan (link) untuk menginstal sejumlah aplikasi yang bisa mencuri data pengguna.

Tautan berbahaya yang pelaku kirimkan memiliki awalan Chat-V. Meski tidak terlihat mencurigakan, tautan yang tercantum di SMS Chat-V ternyata bisa memasang sejumlah aplikasi Android berbahaya di dalam ponsel secara diam-diam.

Lantas, bagaimana cara menghindari serta mengatasi modus penipuan SMS semacam ini? Melalui keterangan resmi yang KompasTekno terima, Rabu (29/1/2020), Southeast Asia Freedom of Expression Network (SAFEnet) memberi sejumlah tip.

Baca Juga: Murah meriah, Xiaomi Indonesia rilis lampu otomatis dan wireless charger

Pertama-tama, bila Anda menerima SMS ajakan beserta tautan yang berasal dari nomor mencurigakan, abaikan dan hapus SMS tersebut. Anda juga jangan membuka tautan melalui SMS dengan sembarangan, meski nomor itu terpercaya.

Sebab, tidak ada yang tahu, apa yang tersimpan di dalam tautan tersebut. Apalagi, tautan di dalam SMS biasanya disederhanakan (shorten).

Namun, jika kadung meng-klik tautan tersebut, segeralah pasang aplikasi antivirus yang bisa Anda unduh secara gratis di toko aplikasi Google Play Store atau App Store. Salah satu yang SAFEnet rekomendasikan adalah Malwarebytes.

Baca Juga: Kabar gembira! Xiaomi pangkas harga Redmi 8 dan Redmi Note 8

Editor: S.S. Kurniawan


Terbaru