Otomotif

Masa berlaku SIM habis saat Lebaran, ada dispensasi dalam masa tenggang

Selasa, 18 Mei 2021 | 10:50 WIB Sumber: Kompas.com
Masa berlaku SIM habis saat Lebaran, ada dispensasi dalam masa tenggang

ILUSTRASI. Pihak kepolisian memberikan waktu dispensasi perpanjangan SIM mulai hari ini, Senin (17/5/2021). ANTARA/Eric Ireng


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Surat Izin Mengemudi (SIM) habis masa berlakunya saat libur Lebaran dan belum sempat memperpanjang, Anda tidak perlu khawatir. Sebab kepolisian memberikan waktu dispensasi perpanjangan SIM mulai hari ini, Senin (17/5/2021). 

Kombes Pol Tri Julianto Djatiutomo, Kepala Subdit SIM Direktorat Registrasi dan Identifikasi Korlantas Polri, mengatakan, layanan penerbitan SIM bagi seluruh masyarakat sebelumnya libur pada 12-16 Mei 2021. Namun, pihaknya memberikan dispensasi perpanjangan SIM dalam masa tenggang, yang dimulai pada 17-19 Mei 2021.

“Khusus bagi pemegang SIM yang tidak melaksanakan perpanjangan pada masa tersebut, maka dilaksanakan dengan mekanisme penerbitan SIM baru,” ucap Djati, kepada Kompas.com belum lama ini. 

“Sebab kalau lewat dari tanggal tersebut, harus buat SIM baru, yang artinya harus diurus dari awal mulai dari tes kesehatan, ujian tertulis, praktik dan sebagainya,” kata dia. 

Baca Juga: Hanya sebagai pelengkap, perpanjang SIM online tak akan gantikan layanan SIM keliling

Seperti diketahui, mengacu pada telegram Kapolri Nomor ST/959/V/YAN.1.1/2021 yang tertanggal sejak 6 Mei 2021, pelayanan Surat Izin Mengemudi (SIM) harus tutup sementara selama 5 hari.

Bagi yang berencana memperpanjang SIM dapat segera mengurus secara langsung ke Satpas SIM, SIM Keliling, dan Gerai SIM, atau melalui aplikasi online. Apalagi baru-baru ini polisi meluncurkan aplikasi Sinar di smartphone, yang merupakan salah satu layanan dalam aplikasi Digital Korlantas Polri. 

Baca Juga: Mau perpanjangan SIM saat libur Lebaran? Bisa dengan aplikasi ini, lebih mudah

Saat ini, masyarakat dapat memanfaatkan layanan ini untuk memperpanjang masa berlaku SIM A dan C. Melalui Sinar, proses pelayanan SIM lebih cepat dan tidak menimbulkan kerumunan. Dan pastinya dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "SIM Habis saat Lebaran, Dispensasi Bisa Perpanjang Mulai Hari Ini"
Penulis : Dio Dananjaya
Editor : Agung Kurniawan

 

Selanjutnya: ​Cara memperpanjang SIM online melalui aplikasi Digital Korlantas POLRI

 

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie
Terbaru