HOME

Mau file Anda tetap aman ? ini dia rekomendasi aplikasi backup file terbaik Android

Jumat, 31 Juli 2020 | 09:00 WIB   Reporter: Arif Budianto
Mau file Anda tetap aman ? ini dia rekomendasi aplikasi backup file terbaik Android

KONTAN.CO.ID -JAKARTA. Aplikasi Android sangat beragam yang bisa ditemui di Playstore. Bukan hanya sekedar untuk komunikasi atau hiburan saja, ada juga aplikasi backup yang digunakan untuk mengamankan file penting kita.

Aplikasi backup berfungsi untuk mengamankan file di HP Android Anda. Jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan misalkan HP Android Anda rusak atau hilang, setidaknya Anda masih bisa mengakses file tersebut.

Nah. di Playstore sendiri terdapat beberapa aplikasi backup yang tersedia. Kontan telah merangkum beberapa aplikasi backup dari Android Central. Penasaran apa saja ? simak selengkapnya di bawah ini :

Baca Juga: Whatsapp akan bantu kamu menghindari dari grup yang tidak disukai selamanya

Aplikasi Backup - Google Drive

Hampir semua orang mengetahui aplikasi backup yang satu ini. Google Drive merupakan salah satu aplikasi backup bawaan yang ada di HP Android.

Fungsinya tidak lain adalah mengamankan file apapun yang ada di HP Android. Anda dapat menyimpan foto, dokumen hingga file-file penting lainnya dalam aplikasi backup ini.

Selain itu Google Drive juga menawarkan layanan gratis hingga 15 GB. Jika file yang Anda simpan melebihi batas tersebut, bakal dikenakan biaya tertentu.

Anda juga bisa mengakses Google Drive melalui komputer atau laptop yang terhubung dengn internet. Jadi sudah bisa dipastikan bukan, aplikasi backup yang satu ini bakal mengamankan file kesayangan Anda.

Aplikasi Backup - Microsoft One Drive

Microsoft juga memiliki aplikasi serupa bernama One Drive. Sayangnya One Drive tidak memberikan layanan penyimpanan file sebanyak Google Drive.

Anda dapat menyimpan file penting seperti foto, dokumen hingga file lainnya maksimal 5 GB. Jika Anda berlangganan Office 365, secara otomatis file-nya akan disimpan di One Drive.

Sama seperti Google Drive, One Drive menyediakan layanan gratis dengan batasan tertentu. Jika ingin lebih luas penyimpanannya Anda harus membayarnya lagi.

Aplikasi Backup - Dropbox

Dropbox masuk dalam daftar aplikasi backup yang bisa mengamankan file Anda. Namanya sudah cukup lama terdengar jika Anda sering browsing dan download di internet.

Layanan backup file dari Dropbox ini menawarkan penyimpanan gratis maksimal 2 GB. Sama seperti aplikasi backup file sebelumnya, Anda harus membayar lebih untuk menikmati penyimpanan yang lebih luas.

Aplikasi Dropbox ini juga bisa diakses berbagi platform, seperti Andoid, iOS, laptop/komputer Windows dan Mac.

Baca Juga: Fitur terbaru Mozilla Firefox di HP Android, ada dark mode segala

Mana aplikasi backup favorit Anda ? sepertinya Google Drive masih menjadi pilihan menarik dengan penyimpanan yang luas dan gratis. 

Editor: Arif Budianto


Terbaru