Mau kuliah di luar negeri di tengah pandemi? Ini caranya

Selasa, 22 Desember 2020 | 14:28 WIB   Reporter: Sugeng Adji Soenarso
Mau kuliah di luar negeri di tengah pandemi? Ini caranya

ILUSTRASI. Pengunjung mencari informasi tentang kuliah di luar negeri (Jerman) saat digelar pameran pendidikan di Jakarta Convention Center (JCC).


PENDIDIKAN - JAKARTA. Indonesia International Institute for Life Sciences School of Business (iSB) menawarkan program pathway jurusan bisnis di universitas terkemuka di Inggris, Australia dan New Zealand. Program pathway ini memberikan keuntungan penghematan biaya dan menurunkan risiko kegagalan menyelesaikan studi di universitas yang dituju.

Universitas yang berlokasi di Jakarta Timur, tersebut menjalin kerja sama dengan Northern Consortium United Kingdom (NCUK) yang membolehkan mahasiswa atau mahasiswi untuk berkuliah terlebih dahulu di iSB Jakarta yang nantinya akan dapat melanjutkan perkuliahan di luar negeri.

Adapun iSB menawarkan dua program yaitu program International Year One memungkinkan siswa-siswi untuk belajar tahun pertama di iSB, dengan jaminan di tahun kedua untuk masuk ke universitas yang tergabung dalam NCUK seperti University of Leeds, Birmingham University, University of Western Australia dan universitas lainnya.

Sedangkan program International Year Two memungkinkan siswa- siswi menjalankan tahun kedua di iSB dan tahun ke ketiga di universitas yang tergabung di NCUK seperti University of Bradford, Aston University dan universitas lainnya.

Baca Juga: Siswa lulusan SMK bisa dapat gelar D2 melalui program Jalur Cepat, ini caranya

Program yang ditawarkan iSB mempermudah siswa yang sedang mempertimbangkan lokasi studi dengan keadaan pembatasan perjalanan internasional di masa pandemi Covid-19, di mana mereka meraih Australian Degree atau UK Degree dengan harga yang lebih terjangkau dan aman di masa pandemik.

Dekan iSB, Budi Santoso menyambut baik program kemitraan yang dijalankan iSB dan NCUK. “Kami sangat senang dapat menjalankan kerjasama dengan NCUK, tentunya hal ini mempermudah siswa dan siswi mendapatkan gelar dari salah satu Universitas terkemuka di UK, Australia dan New Zealand. Semua Universitas ini merupakan pilihan bagus untuk berkembang sebagai individu dan untuk mengenal lingkungan profesional,” kata Budi dalam keterangan resminya, Jumat (22/12).

Budi juga menambahkan selain menjalankan program NCUK, iSB juga mempunyai keunikan dengan memberikan company project yang harus dikerjakan oleh mahasiswa. Mahasiswa tidak hanya mempunyai kesempatan mengerjakan company project di Indonesia, tapi juga mengerjakan company project di luar negeri.

Keunikan lainnya adalah pendekatan pembelajaran yang memakai simulasi seperti Blue Ocean Strategy Simulation atau Marketing Strategy yang di-develop oleh StratX Paris.

Simulasi ini juga dipakai oleh sekolah-sekolah bisnis terkemuka di dunia. Selain simulasi, iSB juga memberikan kesempatan untuk mengerjakan business project dengan mahasiswa-mahasiswa dari seluruh dunia. Program ini disebut dengan X-Culture.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Yudho Winarto

Terbaru