HOME

Mau Puasa Gadget? Ini Aktivitas Seru Tanpa Gadget

Minggu, 11 Juli 2021 | 20:30 WIB   Reporter: Ana Risma
Mau Puasa Gadget? Ini Aktivitas Seru Tanpa Gadget

ILUSTRASI.

KONTAN.CO.ID - Gadget memang memiliki peranan yang penting di era digital seperti saat ini. Sebagian aktivitas sehari-hari bahkan bergantung kepada gadget. Meski sangat membantu, namun penggunaan gadget dengan frekuensi tinggi tentu memiliki dampak negatif.

Selain kecanduan, penggunaan gadget yang berlebihan juga dapat memicu timbulnya berbagai masalah kesehatan. Menggunakan gadget secara terus-menerus berpotensi menyebabkan gangguan tidur dan emosi. Jika sudah begitu, aktivitas sehari-hari pun bisa terhambat.

Untuk Moms yang berniat untuk mengurangi penggunaan gadget, Moms bisa melakukan puasa gadget. Tak perlu lama-lama, manfaat berpuasa gadget akan tetap terasa walaupun hanya hitungan jam. Agar tidak terlalu sulit, Moms bisa mengalihkan perhatian dari gadget dengan melakukan kegiatan lain.

Berikut beberapa kegiatan mengasyikkan tanpa gadget yang bisa Moms terapkan:

Membaca Buku

Jika Moms biasanya membaca buku dalam bentuk e-book, maka kali ini jangan. Moms bisa terlebih dahulu ke perpustakaan umum atau toko buku untuk membaca buku yang diinginkan. Membaca buku secara fisik dapat mempertahankan daya fokus karena tidak terganggu notifikasi handphone.

Selain lebih berkonsentrasi, membaca buku secara fisik juga lebih aman untuk mata. Pasalnya, buku fisik tidak menyorotkan cahaya layaknya gadget. Namun pastikan untuk membaca buku di tempat yang terang ya, Moms.

Baca Juga: Begini Cara Atasi Kecanduan Anak Terhadap Gawai Selama Pandemi

Berkebun

Jika Moms memiliki sedikit lahan kosong di sekitar rumah, tidak ada salahnya untuk mulai menanaminya. Moms bisa memilih tanaman-tanaman yang mudah cara penanaman serta perawatannya. Agar menghasilkan, lahan kosong yang ada bisa ditanami dengan pohon cabai atau tomat.

Selain memanfaatkan waktu secara produktif, berkebun juga dapat menenangkan pikiran dari gadget. Berkebun merupakan salah satu cara sederhana untuk berbaur dengan alam.

Menyulam

Menyulam menjadi salah satu kegiatan yang mengasyikkan karena mampu mengasah kreativitas. Tak hanya itu, menyulam juga membutuhkan ketelitian sehingga bisa melatih fokus.  Jika Moms masih pemula, Moms bisa menggunakan buku panduan menyulam untuk membantu alih-alih gadget.

Moms bisa mencoba membuat sulam kristik dan memajang hasilnya sebagai dekorasi rumah.

Memasak

Sebagian Moms pasti gemar memasak. Ketika berpuasa gadget, Moms bisa memanfaatkan waktu luang untuk mengeksplorasi resep-resep baru. Selain meningkatkan skill memasak, membuat menu baru juga akan membuat keluarga antusias untuk mencobanya.

Dengan begitu, upaya Moms untuk puasa gadget tidak akan sia-sia. Tidak hanya bermanfaat untuk diri sendiri tapi keluarga juga turut bahagia.

Itulah rekomendasi kegiatan yang bisa Moms lakukan selama puasa gadget. Kira-kira mana yang membuat Moms tertarik?

Selanjutnya: Resep Chawan Mushi Rumahan, Simple Banget!

Editor: Ana Risma
Terbaru