Membantu Perut Terasa Kenyang Saat Diet, Ini 8 Manfaat Makan Pisang

Sabtu, 14 Mei 2022 | 10:35 WIB   Penulis: Ryan Suherlan
Membantu Perut Terasa Kenyang Saat Diet, Ini 8 Manfaat Makan Pisang


KESEHATAN - Pisang adalah salah satu buah yang cocok dimakan saat diet karena dapat membut perut terasa lebih kenyang. Selain itu, pisang juga mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. 

Buah pisang juga mengandung banyak nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Di antaranya seperti kaya akan serat, protein, vitamin C, kalium, magnesium dan berbagai nutrisi lain. 

Tak hanya itu, pisang juga mempunyai rasa manis yang lezat saat dikonsumsi. Tidak heran, pisang kerap dijadikan berbagai jenis makanan seperti jus, kue, hingga berbagai perasa makanan. 

Baca Juga: Efektif Tanpa Minum Obat, Begini 6 Cara Mudah Menyembuhkan Flu

Melansir dari Healthline, berikut manfaat pisang bagi kesehatan, di antarnaya: 

Meningkatkan Kadar Gula Darah

Pisang dipercaya mampu meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Pasalnya, pisang mengandung serat yang dapat memoderasi kadar gula darah Anda setelah makan. Plus, mereka dapat membantu mengatur nafsu makan dengan memperlambat pengosongan perut Anda.

Meski mengandung karbohidrat yang relatif tinggi pisang tidak akan menyebabkan lonjakan besar kadar gula darah pada individu yang sehat. Serta, bagi penderita diabetes masih bisa menikmati pisang, namun tidak disarankan untuk menikmatinya dalam porsi besar.

Melancarkan Pencernaan

Pisang adalah salah satu buah yang kaya akan serat. Oleh karena itu mengkonsumsi pisang dipercaya mampu melancarkan pencernaan. 

Salah satu jenis serat yang ditemukan pada pisang adalah prebiotik. Serat tersebut menjadi makanan bagi bakteri yang baik untuk usus Anda.

Baca Juga: Cara Mengobati Gusi Bengkak, Coba 6 Bahan Alami Ini

Membantu Menurunkan Berat Badan

Tidak ada penelitian yang secara langsung menguji efek pisang terhadap penurunan berat badan. Namun, buah yang populer ini memang memiliki beberapa atribut yang bisa membuatnya menjadi makanan yang ramah untuk menurunkan berat badan.

Salah satunya, pisang memiliki kalori yang relatif sedikit. Pisang rata-rata memiliki lebih dari 100 kalori, namun bergizi dan tetap mengenyangkan.

Editor: Ryan Suherlan

Terbaru